Rembang Terima Dana Desa Rp 243 Miliar

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang, Slamet Hariyanto.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang, Slamet Hariyanto. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) menerima dana desa sebesar Rp 243,4 miliar. Dana tersebut akan digelontorkan pada tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang, Slamet Hariyanto menyampaikan, pembagian dana tersebut meliputi alokasi dana desa sebesar Rp 97,8 miliar. Kemudian, dana bagi hasil pajak retribusi daerah Rp 13,9 miliar.

Selamat Idulfitri 2024

“Ada juga dana bantuan kabupaten sekitar Rp 30 miliar. Dan ada penambahan lagi bantuan dari provinsi sekitar Rp 19 miliar,” ujarnya.

Baca juga:  Semarak Hari Kartini di Rembang Bakal Berskala Nasional

Dia menambahkan, untuk pembagian dana desa diberikan langsung masuk dari rekening kas negara. Kemudian akan disalurkan ke rekening kas desa.

“Bantuan yang diberikan setiap desa berbeda-beda. Rata-rata bantuan bekisar Rp 700 juta sampai dengan Rp 1 miliar,” ucapnya.

Dia berharap dengan adanya anggaran yang ada di desa ini terjadi peningkatan. Baik itu dari sisi penyelenggaraan pemerintaahan, pembangunan, kemasyarakatan dan juga pemberdayaan masyarakat.

“Tugas pokok dari pemerintah desa bisa berjalan maksimal. Dengan harapan untuk kesejahteraan masyarakat di desa-desa,” pungkasnya. (cr3/fat)