Karya Seni Siswa SMPN 2 Juwana Diarak Keliling Desa

MERIAH: Berbagai karya seni buatan siswa SMPN 2 Juwana diarak keliling desa sekitar, Rabu (21/2/24). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Berbagai karya seni berupa ogoh-ogoh buatan siswa SMPN 2 Juwana, Kabupaten Pati diarak keliling desa sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-38 tahun sekolah tersebut.

Ogoh-ogoh yang diarak memiliki beragam bentuk. Mulai dari singa, komodo, kapal, hingga kuda dengan kereta kencana.

Selamat Idulfitri 2024

Guru seni budaya SMPN 2 Juwana, Erwina Rantaunika mengatakan bahwa ada sembilan karakter ogoh-ogoh yang diarak. Karya seni yang diciptakan oleh siswa di sembilan kelas itu mengambil tema dari berbagai daerah.

Ogoh-ogoh berbentuk kapal yang menjadi simbol Juwana hingga kereta kencana yang melambangkan daerah Jogjakarta dengan Nyi Loro Kidul. Menurutnya, kegiatan seperti ini bisa untuk mengasah keterampilan anak didiknya.

Baca juga:  Tebar Kebaikan, SMPN 4 Pemalang Ajak Siswa Berbagi Takjil

“Temanya kebudayaan dari daerah-daerah. Seperti budaya pantai selatan membuat kuda dinaikki anak dengan kustom Nyi Roro Kidul, kemudian Sunda membuat singa. Ini cara saya sebagai guru seni budaya wajib menanamkan cinta budaya tanah air,” ungkapnya.

Tak hanya ogoh-ogoh, para siswa SMP 2 Juwana juga menampilkan kesenian lainnya. Seperti seni musik hingga seni tari.

“Kalau yang bikin ogoh-ogoh ini yang suka seni rupa. Kemudian yang suka seni tari bikin koreo tari, yang seni musik bikin kayak tongtek (kelompok alat musik tontongan/kentongan yang terbuat dari bambu, Red.), dan seni busana bikin kostum,” ucapnya.

Baca juga:  Penumpang Bus AKAP Turun Drastis

Ia menceritakan, anak didiknya mempersiapkan karya seni itu hingga berbulan-bulan. Dengan jerih payah itu, pihaknya berharap siswa dapat mencintai seni dan budaya di sekitar mereka.

“Saya pikir mengambil tema ini karena melalui kirab ini anak bisa memilih apa yang di mau dan apa yang dia suka. Apalagi orang Juwana juga suka kirab. Baik anak dan orang tua sangat mendukung,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN2 Juwana, Kunarso memberikan apresiasi kepada para siswanya yang membuat karya seni. Ia pun berharap mereka bisa mengenal tentang kesenian.

Baca juga:  MTsN 6 Bantul Luncurkan Macho untuk Bangkitkan Jiwa Kewirausahaan Siswa

“Harapannya mereka bisa aktualisasi diri. Menumbuhkan kreativitas anak-anak dan kita selaku orang tua memberi apresiasi. Kita harus ngasih ruang ke mereka,” tambahnya. (lut/adf)