Jepara  

Meningkat, Jumlah Pemilih di Jepara Capai 85,4 Persen

PIMPINAN: Rapat koordinasi Forkopimda beserta tokoh masyarakat, agama, dan pemuda di Pendopo Kartini, Jepara, Rabu (21/2/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Jumlah pemilih yang menggunakan hak suara pada Pemilu 2024 di Kabupaten Jepara Jepara mencapai 85,4 persen dari jumlah 914.996 DPT. Persentase ini melampaui partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 lalu.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Jepara Edy Supriyanta menjelaskan, capaian partisipasi pemilih pada pemilu 2024 cukup meningkat signifikan sebanyak 2,4 persen. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk ikut berdemokrasi semakin tinggi.

Selamat Idulfitri 2024

“Angka partisipasi masyarakat 85,4 persen DPT, lebih besar dari tahun 2019. Ini salah satu bukti dan indikator meningkatnya kesadaran masyarakat untuk ikut berdemokrasi,” paparnya, Rabu (21/2/24).

Baca juga:  Tingkatkan Kreatifitas UMKM Melalui Branding

Hal tersebut disampaikannya dalam rapat koordinasi dengan Forkopimda bersama tokoh masyarakat, agama dan pemuda di Pendopo Kartini, Rabu (21/2/24).

Pj Bupati mengapresiasi dan berterimakasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan Pemilu 2024. Sebab pemilu di Kabupaten Jepara dapat terlaksana dengan kondisi aman dan damai.

Ia juga menuturkan, sosialisasi yang digencarkan oleh pihak KPU, Bawaslu, TNI, Polres, dan steakholder lainnya turut meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. “Terimakasih kepada KPU, Bawaslu, Polri, TNI, Linmas serta seluruh pihak lain yang telah mengamankan TPS,” ucapnya.

Baca juga:  Pemkab Jepara Kembali Gencarkan Operasi Pasar Murah

Pihaknya juga mengharapkan keberhasilan yang sama kala pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang nantinya akan dilaksanakan pada (27/11) mendatang.

Sebagai informasi, rapat koordinasi tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kasdim 0719 Jepara Mayor Arm. Syarifudin Widiyanto, Plt. Kepala Seksi (Kasi) Intelejen Kejari Jepara Sulistyo Utomo, Sekda Jepara Edy Sujatmiko, serta Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jepara Subiyanto. Hadir pula sejumlah tokoh agama dan pemuda di Jepara. (cr4/gih)