Kudus  

Omah UMKM Masih Butuh Perlengkapan

SEPI: Tampak gedung omah UMKM masih kosong berlum difungsikan, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Omah UMKM di kawasan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus masih baru. Aktifitas didalamnya masih kosong. Belum ada alokasi dana dalam mengisi perlengkapan didalam gedung tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Disnakerperinkop dan UKM Kudus, M Faiz Anwari mengatakan, omah UMKM dibangun sejak 2022 lalu. Rencananya untuk memfasilitasi pelaku UMKM terkait pemasaran, permasalahan produksi dan tempat koordinasi dengan dinas.

Selamat Idulfitri 2024

“Hanya alokasi berupa bangunan gedung saja. Terkait dengan perlengkapan di dalamnya belum ada alokasi dana. Dalam artian masih kosong,” terangnya.

Baca juga:  Disdag Kudus Pastikan BBM Subsidi Aman Selama Ramadan

Lanjut dia, gedung tersebut belum bisa berjalan karena masih kosong. Dalam 2024, pihaknya sudah mengusulkan untuk mengisi perlengkapan gedung. Akan tetapi belum disetujui oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Sementara tahun ini belum teralokasikan. Padahal bangunanya masih sangat baru. Sangat disayangkan kalau mangkrak,” tuturnya.

Melihat luas bangunannya, dia mejelaskan, luasnya sekitar 10×10 meter persegi. Dirinya ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait aktifitas yang ada di omah UMKM. Seperti pelaku UMKM ada yang bisa aktif dalam pemasaran online, packaging dan sebagainya.

Baca juga:  Caleg di Kudus Divonis 3 Bulan Penjara Atas Pidana Pemilu

“Paling tidak ya costum. Seperti meja tamu, sekat, komputer, leptop. Yang bisa mengisi keperluan aktifitas pelaku usaha. Syukur nanti bagi pelaku usaha bisa menarik peminat baru, dengan menambah pelaku usaha baru. Omah UMKM bisa semakin berkembang,” pungkasnya. (cr3/fat)