Sekda Pemalang Tekankan Pemenuhan Hak Anak

PAPARAN: Heriyanto Sekda Pemalang saat memberikan materi di Rakor Gugur Tugas KLA Pemalang, Rabu (21/2/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Pemalang, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemalang menekankan pemenuhan hak anak di seluruh bidang kepada seluruh anggota gugus tugas. Pembentukan gugus tugas ini dilakukan untuk mengebut pencapaian program KLA terutama menaikkan tingkat Kabupaten Pemalang dari Nindya di 2023 menjadi Utama tahun ini.

Pada sesi wawancara setelah memberikan paparan pada Rakor Gugur Tugas KLA Pemalang di Ballroom salah satu hotel di Pemalang, Sekda Pemalang Heriyanto menekankan untuk seluruh stakeholder, OPD, dan instansi vertikal agar memenuhi hak anak di seluruh bidang. Dalam hal ini, terutama bidang kesehatan, pendidikan, dan sosial yang paling berdampingan dengan anak-anak.

Selamat Idulfitri 2024

“Kita ajak seluruh stakeholder, OPD dan instansi vertikal untuk bersinergi dalam rangka peningkatan level KLA Pemalang dari Nindya ke Utama 2024 ini. Karena tahun lalu itu tidak maksimal penanganannya, jadi penilaian pun belum mencapai Utama,” terangnya.

Baca juga:  200 Pohon Mangga Ditanam di TPA Pesalakan Pemalang, Ciptakan RTH & Minimalisir Bau

Tiga bidang yang menjadi sasaran utama akan ia dorong agar seluruh anak di Pemalang bisa terpenuhi haknya. Karena pada bidang tersebut masih jadi PR Pemkab, yaitu angka anak tidak sekolah (ATS), stunting, dan kesejahteraan sosial masyarakat yang masih saling terkait antara satu dengan lainnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap masyarakat dan instansi vertikal bisa ikut bersinergi dalam penanganan KLA ini. Dengan demikian, seluruh anak-anak di Kabupaten Pemalang bisa mendapatkan seluruh haknya, dan mereka nantinya mampu menjadi penerus pemimpin memajukan daerah masing-masing.

Baca juga:  Dadakan, Bupati Lantik 33 Kepala Sekolah Malam Hari

“Bukan hanya menaikkan level KLA saja, tetapi juga kesejahteraan masyarakat, terutama anak-anak di Pemalang. Jadi, yuk bareng-bareng kita bersinergi untuk memenuhi hak anak,” pungkasnya. (fan/abd)