SMAN 14 Semarang Unjuk Kreativitas melalui Pagelaran Seni Budaya

PERCAYA DIRI: Sejumlah siswa kelas 12 saat menampilkan tari di Halaman sekolah SMAN 14 Semarang, Rabu (21/2/24). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-37, para siswa kelas 12 SMAN 14 Semarang menampilkan kreativitas melalui pagelaran seni budaya di halaman sekolah. Masing-masing kelas menunjukkan ciri khas dan judul cerita yang berbeda-beda. Mulai dari kisah cinta Rama Shinta, Damar Wulan dan Kencana Wungu, Mustika Lereng Giri, hingga Sangkuriang.

Setiap tahun, perayaan HUT ini berbeda-beda konsep acaranya. Untuk tahun ini, pihak sekolah mengambil tema Berkarya dalam Rekayasa Teknologi Sosial dan Budaya.

Selamat Idulfitri 2024

Kepala Sekolah SMAN 14 Semarang, Aniek Windrayani mengungkapkan, pagelaran seni ini diadakan selama dua hari, sejak kemarin sampai hari ini. Kegiatan tersebut juga menjadi salah satu penilaian praktek seni siswa kelas 12.

Baca juga:  Rakortekbang Jateng Selaraskan Rencana Kerja dalam Percepatan Pembangunan

“Satu kelas tampil hampir satu jam. Dan menariknya properti itu mereka bikin sendiri dan latihan drama sejak Desember lalu,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng.

Dirinya berharap, dengan adanya perayaan ini para siswa dapat mengembangkan diri, baik di dalam maupun di luar kelas. Sebab, belajar tidak hanya melulu pada konsep materi dan pengetahuan saja. Namun para siswa juga perlu mengasah potensinya melalui kreativitas seni.

“Ini merupakan kolaborasi sehingga pendidikan karakter di Kurikulum Merdekanya masuk,” ujar dia.

Di samping itu, kata Aniek, perayaan HUT ini juga dibarengi dengan kegiatan Gelar Karya P5 untuk kelas 10 dan 11 dengan tema Rekayasa Teknologi. Sejumlah karya terbaik ditempatkan di sudut jalan menuju halaman sekolah.

Baca juga:  Pemkot Semarang Gencarkan Gerakan Bakti Sosial selama Ramadan

Sementara itu, Ketua Panitia, Suspeni menjelaskan, karya rekayasa teknologi yang dibuat oleh para siswa sebagian besar mengambil energi surya sebagai bahan teknologi. Hal itu dilakukan karena SMAN 14 Semarang menjadi salah satu Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Sekolah Energi Berdikari.

“Banyak anak-anak membuat kipas angin tenaga surya, penetas telur. Ada pula air cooler. Ada juga lampu sensor gerak dan masih banyak lagi. P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Red.) ini tentunya supaya mengajak para siswa bertakwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri dan kreatif,” ujarnya.

Baca juga:  Perbaiki Kualitas Perpustakaan, Tingkatkan Literasi Sekolah

Ia menambahkan, perayaan HUT ini telah berlangsung mulai pada Jumat (16/2/2024). Lalu dilanjut Senin (19/2/2024) dengan kegiatan workshop bertema entrepreneur. Dalam acara tersebut, pihak sekolah bekerja sama dengan Udinus Semarang. Kemudian, pada Selasa (20/2/2024) ada kegiatan donor darah.

Rangkaian acara terakhir nantinya akan dilakukan pengajian pada Jum’at (23/2/2024) mendatang. Seluruh siswa dan para guru akan mengikuti penutup rangkaian HUT ke-37 ini. (int/adf)