TK Al-Manar Kudus Ajarkan Renang Sejak Dini ke Anak Didik

ANTUSIAS: Anak-anak TK KB Al-Manar senang mengikuti ekskul renang, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – TK Al-Manar Kudus memfasilitiasi ekstrakurikuler renang bagi anak didik mereka. Ekskul tersebut menjadi olahraga terbaik bagi kesehatan tubuh. Tujuannya melatih pertumbuhan anak sejak dini.

Kepala KB-TK Al Manar Kudus, Ima Latifah menyampaikan, adanya ekskul renang ini adalah ingin memberi wadah untuk anak-anak. Tetapi, perlu adanya penekanan dan keyakinan terhadap orang tua agar membiasakan anak berenang sejak dini.

Selamat Idulfitri 2024

“Saya lihat berenang manfaatnya banyak, terapi yang bagus untuk anak. Tetapi terkadang orang tua itu tidak tega melihat anaknya berenang yang masih kecil. Padahal kalau sudah memulai nanti akan merasakan manfaatnya,” ucapnya.

Baca juga:  Lestarikan Budaya, Generasi Muda Belajar Buat Ketupat

Ima menyampaikan manfaat yang bisa mempengaruhi anak setelah berenang. Seperti mempercepat pertumbuhan, melatih fokus anak, dan kesehatan motorik itu juga penting. Meskipun ekskul ini membutuhkan biaya, tetapi melihat antusias anak, pihaknya berusaha meminimalisir biaya agar anak tetap bisa mengikuti.

“Saya berusaha meminimkan biaya untuk ekskul renang. Hanya saja, membayar sebesar Rp 120 ribu untuk empat kali pertemuan. Untuk saat ini ada 10 anak yang mengikuti,” katanya.

Lokasi berenang, imbuh dia, sekarang berada di area Museum Kretek. Sementara untuk pelatihnya, Al-Manar mendatangkan pelatih dari luar kota yang lebih profresional dalam menangani berenang anak.

Baca juga:  Ratusan Pelajar Ikuti Ujian Praktik Rawat Jenazah

“Pelatihnya ada empat dan itu berasal dari luar kota. Karena melihat antusias anak-anak berenang jadi diusahakan mereka datang,” bebernya.

Dia berharap, ekskul renang dapat memberikan banyak manfaat untuk anak-anak dan masa pertumbuhan sejak dini. Dengan begitu, perkembangan extra juga banyak diminati. (cr3/fat)