UMKM  

Peduli Kesehatan, Rahmawati Ciptakan Sirup dan Mie Bebas Bahan Kimia

TANPA PENGAWET: Rahmawati owner Rizkia Food asal Bapangan, Jepara menunjukkan produk sirup buatannya, Kamis (22/2/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

MARAKNYA makanan yang dibuat dari bahan kurang sehat menjadi alasan bagi Rahmawati untuk memproduksi sirup hingga mie yang dibuat dari bahan alami. Owner Rizkia Food yang terletak Kelurahan Bapangan, Kecamatan Jepara Kota ini mempromosikan produk dengan branding ‘Non 3 P’. Yakni tanpa pengawet, pewarna, dan pemanis.

Ia menuturkan, banyak di antara makanan pasaran menggunakan pemanis buatan. Hal itu membuatnya kesal, lantaran tidak baik bagi kesehatan.

Selamat Idulfitri 2024

“Sekarang banyak sekali orang yang gampang terkena diabetes. Salah satu faktornya karena produk yang kita makan banyak mengandung pemanis buatan,” jelasnya.

Baca juga:  Mencetak Ikan Koki Kualitas Kontes, Peternakan Tomtom Goldfish Raup Keuntungan Belasan Juta per Bulan

Dalam mengelola produksi yang sudah ada sejak 2017 ini, Rahmawati menggunakan bahan alami. Seperti sirup yang diproses dengan sistem osmosis (proses perpindahan molekul air atau zat pelarut dari pelarut berkonsentrasi rendah ke dalam bentuk larutan tinggi). Selain itu juga tanpa pengawet, serta menggunakan pewarna asli dari buah.

Sementara untuk mie, ia menggunakan bahan dasar tepung terigu dan tepung maizena. Juga pewarna pada sayur sawi.

“Saya pengen produk yang saya olah ini meninggalkan bahan kimia. Sehingga aman untuk dikonsumsi,” ucapnya.

Ia menyematkan healthy food sebagai jargon pada produknya. Berkat upaya menjaga produk konsumsi yang sehat, Rahmawati dipilih oleh organisasi Istripreneur BeSAHABAT Jepara sebagai pemateri pada kelas memasak. Sampai sekarang, dirinya masih membagikan ilmunya melalui program pelatihan tersebut. (cr4/adf)