Unwahas dan UMK Taken MoU Kerja Sama Program

RESMI: Dekan Fakultas Pertanian Unwahas Dr. Rossi Prabowo, M.Si bersama Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus (UMK) Ir. Veronica Krestiani MP usai penandatanganan MoU di Gedung Aula Fakultas Kedokteran Unwahas Kampus II Gunungpati, Kamis (22/2/24). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) secara resmi menandatangani MoU dengan Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus. Keduanya menjalin kerja sama untuk sejumlah program.

Dekan Fakultas Pertanian Unwahas, Dr. Rossi mengapresiasi kegiatan studi banding yang dilaksanakan bersamaan dengan penandatanganan MoU ini. Pihaknya merasa terhormat dan bangga telah dijadikan salah satu tempat rujukan studi banding Prodi Agribisnis.

“Kami harap kegiatan ini langsung dapat diimplementasikan dalam ruang lingkup pertukaran mahasiswa, studi, atau proyek independen, penelitian, atau join research. Pengabdian kepada masyarakat, publikasi ilmiah, penyelenggaraan konferensi, seminar, workshop. Dan peningkatan dan pemberdayaan sumber daya manusia,” ucapnya saat pihaknya menerima rombongan civitas akademisi Fakultas Pertanian UMK Kudus di Aula Fakultas Kedokteran Unwahas Kampus II Gunung Pati, Kamis (22/2/24).

Baca juga:  Penghapusan Omnibus Law Jadi Tuntutan Utama di Hari Buruh

Lebih lanjut, ia menerangkan, beberapa prestasi yang telah diraih oleh Fakultas Pertanian Unwahas yakni dana hibah seperti Matching Fund Kedaireka. Kemudian Hibah Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi (AKPT) dan Hibah EcoGREEN Erasmus+ Uni Eropa.

“Kami juga sedang mengerjakan inkubator bisnis berupa kacang koro pedang yang telah tertanam, dan digarap pada lahan agro ecoedupark Fakultas Pertanian seluas 10 hektare,” jelasnya.

Sementara itu, Kaprodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unwahas Dr. Hilmi Arija Fachriya menjelaskan, prodi agribisnis saat ini sudah terakreditasi B, sekaligus dalam proses ISK untuk terkonversi status Baik Sekali. Hal yang telah dilakukan itu guna meningkatkan kualitas akreditasi.

Baca juga:  Dewan Dukung Kegiatan Gemar Membaca Terus Digencarkan

“Kami juga sudah melaksanakan beberapa program kegiatan MBKM. Seperti pertukaran Mahasiswa, KKN tematik, dan magang MBKM baik program flagship berupa pertukaran mahasiswa, studi independen, mahasiswa mengajar, kewirausahaan mahasiswa, serta praktisi mengajar,” ungkapnya.

Dalam kunjungan ini, rombongan juga diajak untuk berkunjung ke lahan agro ecoedupark Fakultas Pertanian Unwahas untuk melihat langsung implementasi inkubator bisnis dan proyek MBKM yang dijalankan di Fakultas Pertanian Unwahas. (int/adf)