Figur  

Vanessa Kerap Raih Prestasi dari Tuts Piano

Vanessa Cahyo Santoso
Vanessa Cahyo Santoso. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

DERETAN prestasi di tingkat nasional sampai internasional sudah kerap diraih pianis asal Kudus, Vanessa Cahyo Santoso. Sejak kecil, dirinya memang sudah tekun berlatih alat musik tersebut.

“Satu keluarga memang pemain piano semua. Jadi harus ada keturunannya yang meneruskan bakat itu,” kata Vanessa yang kini duduk di bangku kelas XI SMA Masehi.

Selamat Idulfitri 2024

Vanessa mengaku, bermain piano telah menjadi aktivitas kesehariannya. Tak terkecuali saat jenuh dengan rutinitas belajar di sekolah.

“Saya sering membawakan banyak lagu. Di antaranya Falset, Sweet Dream, dan Changing Time. Paling suka lagu Falset karena itu yang saya rasa paling enak dan menjiwai,” ujar gadis cantik kelahiran 2007 ini.

Baca juga:  Jago Taekwondo Sekaligus Gali Potensi Diri di Bangku Kuliah

Adapun sederet prestasi yang ia dapatkan di tingkat internasional yaitu Cumlaude Award SATB Young Artist Music Award 2021, Diamond Award 10 MG Rhapsodie 2021. Kemudian Diamond Award IWWF Rhapsodie 2023.

“Kalau di tingkat nasional pernah mengikuti Second Place Winner Indonesiaan Open Competition 2022 dan Titanium Prize Indonesia Music Celebrarion 2023,” jelasnya kepada Joglo Jateng, Kamis (22/2/24).

Di samping menekuni seni musik, Vanessa juga belajar untuk mengasah kemampuannya di bidang akademik.  Baru-baru ini, ia mengikuti ajang perlombaan online Olimpiade Pelajar Nasional (OPN) 2023 yang digelar Yayasan Pusat Prestasi dan Pendidikan Indonesia. Ia pun berhasil meraih Medali Perak Olimpiade Sains dan Kedokteran Nasional 2023 dan Medali Emas Olimpiade Pelajar Nasional 2023.

Baca juga:  Berdandan untuk Hargai Diri Sendiri dan Membangun Karir, Inilah Kisah Tasya Salsabila dari Hobi Menjadi Model

“Ini pertama kali dapat medali. Dan karena ketagihan saya ingin setelah ini mengikuti lomba-lomba lainnya,” ujar dia.

Dalam hal ini, kata dia, inspirasi dan dukungan berasal dari kakaknya Kevin Cahyo Santoso yang saat ini duduk di bangku kelas XII SMA Masehi. Sebab, sang kakak aktif mengikuti lomba sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD).

“Kakak sudah ikut lomba dari SD. Dan saya pun merasa ingin seperti dia agar kita bisa sama-sama membanggakan orang tua,” katanya.

Putri dari pasangan Robby Cahyo Santoso dan Fissa ini selalu melibatkan orang tua dalam segala hal. Termasuk saat mengikuti lomba.

Baca juga:  Dari Jualan Minuman Sachet ke Omzet Jutaan Rupiah: Kisah Sukses Seblak Minion di Jepara

“Kalau punya banyak prestasi orang tua dan kita sendiri pasti bangga. Apalagi nantinya bisa mengantarkan kita untuk dapat beasiswa. Ini juga tak lepas dari sosok papi mami yang gigih, baik, dan selalu mendukung anaknya,” kata Vanessa. (cr1/adf)