Kudus  

Olahraga Antar Kelas PGSD UMK Meriahkan Projek Akhir UAS PJOK

MERIAH: Mahasiswa/mahasiswa berkumpul dalam mengikuti projek akhir UAS PJOK, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Kegiatan tersebut dilaksanakan karena adanya antusiasme mahasiswa dari PGSD. Kompetisi olahraga tersebut digelar di lingkungan kampus. Inisiatif itu bukan hanya bentuk kegiatan ekstrakurikuler biasa, melainkan bagian integral dari pendekatan holistik universitas dalam membentuk calon guru yang berkualitas dan seimbang.

Gelar kompetisi olahraga di PGSD Universitas Muria Kudus (UMK) mencakup beragam cabang. Mulai dari sepak bola, voli, basket, futsal, senam serta tenis meja. Dalam rangka penilaian Ujian Akhir semester mata kuliah Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di UMK mengadakan gelar kompetisi untuk memenuhi nilai akhir.

Selamat Idulfitri 2024

Kegiatan gelar kompetisi ini baru pertama kali diselenggarakan. Dalam kegiatan tersebut ada 5 cabang olahraga yang dilombakan. Yaitu basket, futsal, tenis meja, senam, dan voli. Dengan diikuti seluruh mahasiswa semester 1 PGSD selama 5 hari.

Baca juga:  Kasus Kematian Ibu dan Bayi di Kudus Menurun

Dari tanggal 9-13 Januari 2024. Melalui proses ini, mahasiswa tidak hanya mengasah keterampilan olahraga mereka, tetapi juga membentuk etika dan moral yang kuat.

Kegiatan pra-turnamen, latihan bersama, dan semangat dukungan antar-mahasiswa menjadi inti dari pengalaman gelar kompetisi olahraga. Inilah yang membentuk ikatan solidaritas di antara partisipan menciptakan komunitas yang mendukung pertumbuhan pribadi dan prestasi kolektif. Kegiatan gelar Kompetisi Olahraga dibuka oleh Siti Masfu’ah selaku Kepala Program Studi PGSD pada hari pertama disela-sela pertandingan berlangsung.

Kegiatan dibuka dengan adanya penyerahan simbolis bola basket oleh Kaprodi dan Ketua Panitia. Pembukaan berlangsung lancar dengan adanya kerjasama yang baik antara panitia, peserta lomba, tim pendukung, dan beberapa tenaga pendidik. Setelahnya, pertandingan kembali. dilanjutkan sesuai jadwal kegiatan yang ada.

Baca juga:  Okupansi Sapphire Boutique Hotel Kudus Meningkat Jelang Lebaran

Lomba olahraga diikuti dari 8 kelas setiap kelasnya mengirimkan peserta. Kemeriahan bukan hanya dari pemain saja, bahkan supoter tim masing-masing sangat antusias untuk melihat jalannya pertandingan dan meriahnya kompetisi. Penonton dan supporter bukan hanya dari kalangan mahasiswa PGSD semester satu saja, namun banyak mahasiswa prodi dan fakultas lain yang ikut menjadi penonton pertandingan.

Mungkin karena komting PJOK kelas kami adalah seseorang yang agak ambisius, jadi kita. seperti termotivasi untuk menang di kompetisi ini” ujar salah satu pemain kelas D yang merupakan juara pertama pada lomba ini.

“Pertandingan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan persiapan, walaupun dengan persiapan dan perencanaan yang minim. Panitia yang sering ada kesalahpahaman, dan kendala persiapan lainnya dari panitia maupun peserta, acara kompetisi ini sudah cukup baik.” Ujar Osama Ahmad selaku ketua panitia gelar kompetisi ini.

Baca juga:  Dosen UMK Bincang Suasana Ramadan di UMK dan Luar Negeri

la juga berharap jika kedepannya ada kegiatan seperti ini lagi, maka komunikasi dan konsultasi antar panitia. maupun peserta bisa lebih baik lagi. Persiapan bisa dimatangkan lagi dan bisa dipersiapkan lebih baik lagi.

Pihaknya juga berterimakasih kepada Bapak Moh. Syarifuddin Kuryanto, M.Or selaku dosen mata kuliah PJOK yang memberikan proyek tugas akhir ini. Disisni kitab isa belajar kerjasama dalam team, ketelitian, tanggungjawab, disiplin, kebersamaan, perkenalan, pertemanan dan kekompakan.

“Acara ini diselenggarakan dalam rangka ujian akhir semester mahasiswa pgsd umk. Dengan tujuan untuk memberikan pengalaman bagi calon guru untuk mengelola kegiatan keolahragaan. mulai dari penyelenggara, official dan atlet semua mandiri dari mahasiswa,” pungkasnya. (adm)