Pati  

SMPN 2 Juwana Pati Sambut Positif Penerapan Cash Management System (CMS) untuk Pengelolaan Dana BOSP

SUASANA: Pemantapan CMS sebagai pengelolaan BOSP tingkat SMP, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Cash Management System (CMS) mulai diterapkan di tingkat SMP di Kabupaten Pati. Sistem ini untuk pengelolaan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP).

Sistem transaksi non tunai ini pun mendapatkan tanggapan positif. Salah satunya yakni dari SMPN 2 Juwana Pati.

Selamat Idulfitri 2024

“Untuk CMS tidak ada kendala. Kami tidak ada beban tarik tunai. Karena satu tahun terakhir ini kami sudah pindah buku bank,” kata Kepala SMPN 2 Juwana, Kunarso, belum lama ini.

Menurutnya, CMS memiliki beberapa manfaat. Seperti kecepatan dalam melakukan proses non tunai.

Baca juga:  Bulog Pati Gencarkan Pasar Murah

“Dengan CMS membantu kami untuk tidak usah ke Bank. Karena satu tahun kemarin kami riwa-riwi. Jadi kita sudah siap untuk tidak tarik tunai,” ujar dia.

Sebelumnya, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengatakan bahwa CMS merupakan pengembangan mutakhir dalam pengelolaan dana BOSP. Sistem ini diberlakukan agar pengolahan dana bos dapat dipertanggungjawabkan.

Karena selama ini dana bos dianggap belum terdeteksi dari laporan keuangan pemerintah daerah. Sehingga tata kelola BOSP belum optimal.

Layanan digitalisasi ini juga dihadiri menertibkan administrasi. Selain itu juga membantu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati dalam menjalankan penggunaan dana non tunai. (lut/fat)