Demak  

Sukseskan Pemilu 2024, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Turut serta Membantu Administrasi KPPS

SUASANA: Mahasiswa KKN UIN Walisongo Desa Karangawen turut serta dalam membantu pelaksanaan pemilu 2024 di TPS 1, Dukuh Ngiri, Karangawen Demak, Rabu (14/02/2024). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Desa Karangawen turut serta dalam membantu pelaksanaan pemilu 2024 di TPS 1, Dukuh Ngiri, Karangawen Demak, pada Rabu (14/02/2024).

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dalam turut serta dalam pelaksanaan pemilu adalah dengan membantu pada bagian administrasi berupa daftar absen dan memberikan surat suara yang telah ditentukan oleh KPPS.

Selamat Idulfitri 2024

Selain itu, 10 Mahasiswa KKN juga menyalurkan hak suaranya di TPS tersebut. Pemilihan hak suara yang bertempat di lokasi KKN dikarenakan terdapat mahasiswa yang berasal dari luar daerah seperti Jawa Barat dan Sumatera.

Baca juga:  Dandim 0716 Demak Gelar Acara Kenaikan Pangkat dan Purna Tugas

Hadi, PPS Desa Karangawen mengungkapkan bahwa mahasiswa KKN yang melakukan Pemilu di lokasi KKN termasuk kedalam DPT atau Daftar Pemilih Tambahan.

“Mahasiswa KKN dapat menggunakan hak pilihnya walaupun berada di luar daerah, namun termasuk kedalam DPT,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa terdapat perbedaan hak pilih antara mahasiswa yang berdomisili di Jawa Tengah dan di luar Jawa Tengah.

“Mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah berada di dapil (daerah pemilihan, Red.) yang sama dengan Demak maka akan mendapatkan dua surat suara yaitu capres dan DPD. Sedangkan, mahasiswa yang berasal dari luar Jawa Tengah hanya mendapatkan satu surat suara yaitu capres,” pungkasnya. (*/adf)