Pati  

Inflasi di Pati Naik Jadi 4,3 Persen

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro
Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro. (HUMAS/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Angka inflasi di Kabupaten Pati mengalami kenaikan selama Februari 2024 ini. Terbaru, angka inflasi di daerah berjuluk Bumi Mina Tani mencapai 4,3 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat rapat koordinasi penanaman inflasi di Pendopo Pati, belum lama ini. Ia menyebut angka inflasi naik akibat kenaikan harga beberapa komoditas pangan, seperti beras, telur, ayam ras, dan cabai merah.

Selamat Idulfitri 2024

“Kalau di Pati, inflasi kita naik menjadi 4,3 persen. Tapi mudah-mudahan kita bisa atasi dengan langkah-langkah yang kita lakukan bersama-sama,” ungkap Henggar.

Baca juga:  Pemkab Pati Berikan Bantuan Kesejahteraan Guru & Pengelola Ponpes

Meskipun begitu, ia menyebut kondisi ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Pati saja. Melainkan juga dialami seluruh wilayah nusantara.

Salah satu langkah yang akan dilakukan oleh Pemkab Pati untuk menekan inflasi adalah operasi pasar. Kegiatan itu direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2024 mendatang.

Operasi pasar tersebut akan melibatkan sejumlah pihak terkait. Mulai dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Pati dan para pelaku usaha dan pedagang.

“Kita harapkan operasi pasar ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat menurunkan inflasi di Pati. Kita juga berharap masyarakat bisa tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi kenaikan harga,” harap dia.

Baca juga:  Jalan Alternatif Pati-Kudus Ditutup Akibat Banjir

Untuk diketahui, Indeks Perkembangan Harga (IPH) di Pati memang naik cukup tinggi pada Februari ini. Namun angkanya belum mencapai 4,3 persen. Yakni dari 1,8 persen menjadi angka 2,5 persen. (lut/fat)