Ini Lho! 10 Bakmi Jawa Enak di Yogyakarta, Wajib Dicoba

LEZAT: Ilustrasi bakmi jawa (FREEPIK/JOGLO JOGJA)

YOGYAKARTA, Joglo Jogja – Bakmi Jawa merupakan salah satu kuliner yang wajib dicoba di Yogyakarta. Salah satu ciri khas Bakmi Jawa di Yogyakarta adalah perpaduan antara rasa gurih dan manis.

Bakmi Jawa ini biasanya terdiri dari mie kuning, kental atau tipis, digoreng hingga sempurna dengan campuran bahan-bahan yang menjadikannya khas Jawa.

Selamat Idulfitri 2024

Mienya sering kali disertai dengan suwiran daging ayam atau sapi, lalapan, dan dibumbui dengan racikan bumbu khas, antara lain bawang putih, bawang merah, dan kecap manis.

Nah, kalau kalian sedang di Yogyakarta, ada beberapa warug bakmi Jawa yang wajib dicoba. Berikut daftarnya.

Baca juga:  Segarnya Berbuka dengan Es Dawet Durian Pelangi

1. Bakmi Jawa Pak Pele
Bakmi Jawa Pak Pele sudah ada sejak tahun 1982 dan bertahan hingga sekarang. Yang membuat bisa bertahan karena cita rasa bakmi jawa di tempat ini tidak pernah berubah.

Cita rasa bakmi jawa ala Pak pele ini memiliki ciri khas. Kaldunya gurih, suwiran daging ayam berlimpah, dan kekenyalan mi yang pas.

Porsinya dijamin bikin bisa kenyang karena porsinya melimpah. Ada banyak varian bakmi yang bisa dicoba. Seperti bakmi godog kuning, godog putih, bakmi nyemek, bakmi goreng kuning, dan beragam menu lainnya.

Baca juga:  Geplak, Jajanan Jadul yang Masih Dipertahankan

Beragam menu di Bakmi Jawa Pak Pele dibanderol mulai dari Rp 20 ribu. Tempat makan bakmi jawa legendaris ini berada di Jalan Alun-Alun Utara, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Buka setiap hari mulai pukul 17.00-23.00 WIB.