MTsN 6 Sleman Tingkatkan Wawasan Kepramukaan melalui LCPTP

SERU: Siswa MTsN 6 Sleman saat menlaksanakan lomba LCTP di sekolah, belum lama ini. (DOK.SEKOLAH/JOGLO JOGJA)

MTsN 6 Sleman menyelenggarakan Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP) dan lomba mading, dalam memperingati Hari Pandu Dunia atau Hari Baden Powell. Kegiatan itu untuk meningkatkan wawasan kepramukaan, menambah kekompakan dan kreativitas.

Ketua Dewan Penggalang Pramuka MTsN 6 Sleman Orlen mengatakan, untuk memperingati hari tersebut pihaknya menyelengarakan perlombaan pramuka atau Scout Competition. Yang terdiri atas kegiatan LCTP dan lomba mading.

Dalam pelaksanaan LCTP dilakukan melalui aplikasi, sehingga perhitungannya akan sesuai dan tidak ada yang dirugikan. Dengan begitu, ke depannya siswa dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

Baca juga:  Wujudkan Greget Nyawiji lan Hangayomi di Hari Jadi ke-108 Sleman

“Ketentuan kejuaraan dinilai dari kreativitas, kerapian, kesesuaian tema, kekompakan peserta, keestetikan dan keterbacaan karya. Sehingga siswa dapat mengeluarkan seluruh kemampaun yang dimiliki agar memenangkan kegiatan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, bentuk Scout Competition di samping penyenggaraan lomba semacam ini berupa perkemahan yang biasanya dilaksanakan pertengahan tahun, khusus siswa kelas 7.

“Ini baik terus dilanjutkan. Selain meningkatkan wawasan kepramukaan para siswa juga menambah kekompakan dan kreativitas. Dengan adanya ekstrakurikuler pramuka, mereka belajar tentang kerajinan tangan, kepemimpinan, kemandirian dan pengabdian masyarakat,” pungkasnya.(riz/sam)