Reresik Malioboro, Jaga Kenyamanan Wisatawan

SEMANGAT: Tampak salah satu petugas bersemangat melakukan pembersihan Malioboro, Selasa (27/2/24). (ISTIMEWA/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan saat berkunjung, dilakukan reresik Malioboro atau membersihkan sepanjang Jalan Malioboro. Kegiatan ini dilakukan setiap 35 hari sekali pada Selasa Wage, saat para pedagang dan toko di kawasan tersebut libur.

Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, ini bukan hanya dilakukan di area Malioboro saja, tetapi juga di sekitar Tugu hingga Alun-alun Selatan. Sekaligus, sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk kegiatan pembersihan bersama warga sekitar, komunitas dan stakeholder terkait.

“Memang setiap hari Malioboro dibersihkan, tetapi secara periodik kita lakukan bersama setiap 35 hari sekali yang cukup besar. Sehingga terus terawat dan terjaga kebersihannya, serta wisatawan yang datang merasa nyaman. Tadi saya masih temui sampah di sela gorong-gorong. Saya berharap wisatawan maupun warga Kota Yogyakarta menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Baca juga:  Harga Bawang Merah belum Turun

Sementara itu, salah satu pedagang Teras Malioboro 2, Yanti menyampaikan, kegiatan rutin yang dilakukan pemerintah sangat membantu. Lantaran membuat suasana menjadi bersih dan nyaman.

“Ini membuat suasana Malioboro bersih, apalagi dilakukan bersama-sama. Tidak hanya dari warga atau pemerintah, tapi harapannya wisatawan juga bisa menjaga kebersihan ketika berada di sini,” ungkapnya.(riz/sam)