Bakesbangpol Umumkan 412 Peserta Seleksi Paskibraka Pemalang Lolos Administrasi

SIGAP: Calon Paskibraka 2023 kemarin saat mengikuti seleksi di Kantor Bakesbangpol Pemalang. (HUMAS/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Secara resmi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemalang mengumumkan hasil seleksi administrasi pada pelaksanaan Pemilihan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Pemalang 2024 pada Selasa (28/2) kemarin. Total ada 412 orang peserta dari SMA/SMK dan MA se Kabupaten Pemalang yang akan lanjut ke tahapan selanjutnya, di mana pada setiap tahapan Bakesbangpol tegas tidak akan cawe-cawe atau titip-titippan.

Hal ini diungkapkan oleh Bagus Sutopo, Kepala Bakesbangpol Pemalang mengatakan bahwa pihaknya secara resmi telah mengumumkan proses seleksi tahap administrasi pada Pemilihan Paskibraka 2024. Semuanya tercantum pada situs resmi pada website https://paskibraka.bpib.go.id dengan total 412 orang peserta yang lolos dari 554 orang siswa-siswi di 70 SMA/SMK MA di Pemalang.

Selamat Idulfitri 2024

“Alhamdulillah seluruh proses seleksi Paskibraka Pemalang 2024 ini berjalan lancar, walaupun kemarin ada yang minta titip-titipan anak pejabat tapi kita tetap sesuai aturan. Jadi tidak diloloskan bila tidak memenuhi syarat,” terangnya.

Baca juga:  Lebaran, Waterpark Widuri Buka Kembali

Setelah pengumuman ini, seluruh peserta masih akan mengikuti tahapan seleksi lainnya dari tes tertulis (CAT) online Idelogi Pancasila dan wawancara kebangsaan pada 5-6 Maret, dan Tes Intelegensi umum 7-8 Maret. Kemudian mereka yang lolos akan diuji kembali pada seleksi kesehatan 17-18 April, parade 22-23 April, PBB dan kesemaptaan 25-26 April hingga terakhir tes wawancara 29-30 April.

Untuk pengumuman, Bagus menuturkan bahwa pihaknya memberikan hasil setelah adanya pengumuman seleksi dari Seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Mei-Juni nanti. Terkait persiapan pelatihan dilakukan pada 16-15 Agustus serta Karantina 16-18 Agustus untuk memantapkan mental pada Paskibraka nanti

Baca juga:  Marak Perang Sarung, Orang Tua Diimbau Awasi Anak

“Para calon Paskibraka 2024 ini pasti akan didampingi dan dilatih oleh para profesional dibidangnya. Sehingga pada pelaksanaan pengibaran bendera di hari kemerdekaan 17 Agustus 2024 bisa berjalan lancar,” imbuhnya.(fan/rds)