Disdikpora Kudus Dorong Penerapan Sekolah Ramah Anak untuk Cegah Kekerasan di SD

PROSES: Suasana kegiatan belajar mengajar di SD N 4 Ngembalrejo, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus melaksanakan sosialisasi sekolah ramah anak yang ditujukan kepada kepada seluruh kepala sekolah dan pengawas. Untuk mencegah terjadinya kekerasan di sekolah tingkat sekolah dasar (SD), Disdikpora mendorong para pihak terkait untuk segera menerapkan kebijakan tersebut.

Kepala Sekolah SD N 4 Ngembalrejo, Masriah mengatakan, pada sosialisasi yang sudah berlangsung ini, dia mendapatkan materi dari Polres, Disdikpora, dan Dinsos. Materi tersebut akan diimplementasikan kepada peserta didik di sekolah maupun di rumah.

Selamat Idulfitri 2024

“Kami akan mengadakan pertemuan dengan komite dan orang tua siswa untuk mengadakan sosialisasi. Rencananya mungkin disaat pembagian rapor siswa. Jadi, sekalian diberikan pengarahan kepada anak dan orang tua terkait kekerasan,” ucap Masriah saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Baca juga:  Musim Penghujan, Waspadai Penyakit Leptospirosis

Biasanya, kata dia, peserta didik masih sering melakukan gurauan yang sifatnya bullying. Selain itu, berkelahi juga masih sering dilakukan. Lebih dominan yang melakukan tindak kekerasan anak dengan anak adalah kelas 6. Karena mereka merasa yang paling berkuasa.

“Tindakan kekerasan disini yang masih sering dilakukan anak dengan anak. Mereka masih sering berkelahi. Bisa ditandai dengan mereka yang rese tidak mau berpakaian rapi,” bebernya. (cr3/adf)