Jepara  

KPU Jepara Lakukan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara

TUNJUKKAN: KPU Kabupaten Jepara melaksanakan rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2024, Jepara, Rabu (28/2/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat Kabupaten Jepara dimulai, Rabu (28/2/24). Agenda tersebut dilaksanakan di Lucca Eat dan Meat Resto Bandengan.

Rekapitulasi penghitungan suara dilaksanakan dua hari. Hari pertama untuk sepuluh kecamatan dan akan dilanjut rekapitulasi penghitungan suara dari sisa enam kecamatan lainnya, pada Kamis (29/2).

Selamat Idulfitri 2024

Kegiatan tersebut dibuka oleh ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma. Kemudian dilanjut oleh asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Sekda Kabupaten Jepara Ratib Zaini.

Mewakili Penjabat (Pj) Kabupaten Jepara Edy Supriyanta, asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Sekda Ratib Zaini menyampaikan, terimakasih kepada seluruh pihak terkait telah sukses menjalankan Pemilu 2024 di Jepara. Baik masyarakat, KPU, Bawaslu, Forkopimda, serta pelaku politik.

Baca juga:  Bentuk Generasi Qur'ani, Adakan Qur'an Champ

Ia menyampaikan, terdapat 23.435 ribu penyelenggara Pemilu 2024 telah menjalankan tugasnya secara baik. Sehingga, pemilu di Kabupaten Jepara dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib, dan kondusif.

Alhamdulillah pemilu di Kabupaten Jepara dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses. Tentunya, kesuksesan itu tidak akan berjalan tanpa adanya komunikasi dan kolaborasi bersama,” ungkapnya.

Suksesnya Pemilu 2024 di Jepara tidak lepas dari partisipasi pemilih. Dengan Indikasi 781 ribu jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 914.996 ribu DPT, telah menggunakan hak pilihnya. Capaian tersebut hampir pada 85 persen.

Baca juga:  Dishub Jepara Perketat Kelayakan Kendaraan Umum

“Nanti 27 November pelaksanaan Pilkada. Kepada bapak ibu kapan kita berbakti kepada nusa dan bangsa melalui pemilu ini. Maka dengan itu, momen ini merupakan kebahagiaan serta kehormatan bagi kita sebagai kiprah di pemilu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma menjelaskan, kegiatan tersebut akan berlangsung dengan pembacaan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan. Hal itu juga disaksikan langsung oleh Bawaslu, pemantau pemilu, serta masyarakat yang hadir di rapat pleno.

“Proses rekapitulasi tingkat kecamatan telah selesai. Dilanjutkan pada rekapitulasi tingkat Kabupaten/Kota. Sesuai dengan SOP tahapan dijalankan dengan cara baik, didengar oleh para pihak. Sehingga mereka dapat memperhatikan serta menyimak hasil rekapitulasi,” jelasnya.

Baca juga:  Menilik Sejarah Makam Mbah Buyut Panggang

Ia juga menambahkan, KPU Kabupaten Jepara akan segera menyerahkan hasil rekapitulasi kepada pihak Provinsi. Sehingga perhitungan dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat.

“Secepatnya akan diserahkan ke provinsi. Sehingga dapat dilaksanakan perekapan,” pungkasnya kepada Joglo Jateng. (cr4/fat)