Try Out on The Bus, Upaya SMP Muhammadiyah 1 Minggir Tingkatkan Kemampuan Siswa

FOKUS: Siswa SD saat melaksanakan try out di laboratorium SMP Muhammadiyah 1 Minggir, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

MENINGKATKAN kemampuan siswa guna menghadapi kelulusan sekolah perlu dilakukan. Untuk mengakomodir itu, SMP Muhammadiyah 1 Minggir mengelar try out on the bus, di mana terdapat 680 peserta dalam kegiatan itu yang terdiri dari seluruh SD di tiga kecamatan yaitu Godean, Minggir, dan Moyudan. Dalam kegiatan tersebut, siswa diajak menggunakan bus dari sekolah masing-masing ke SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Kegiatan diselenggarakan pada 23-25 Februari.

Koordinator try out Reyza Ramadhan Sartono Putra mengatakan, setiap tahunnya pihak sekolah selalu melakukan try out kepada siswa kelas enam SD. Adapun  tema yang diusung selalu berbeda. Tahun ini, try out mengusung tema try out on the bus, di mana peserta dijemput menggunakan bus sekolah.

Selamat Idulfitri 2024

“Dalam perjalanan dari lokasi SD ke sekolah, kami dilakukan ice breaking dan beberapa permainan, sehingga membuat peserta senang dan tidak tegang sebelum mengikuti try out yang dilakukan di laboratorium sekolah,” ungkapnya.

Baca juga:  Lestarikan Seni Islam Hadrah di Sekolah

Kegiatan yang dilaksanakan dalam tiga hari itu di bagi menjadi beberapa sesi. Pada sesi pertama, dilakukan pada pukul 07.00-09.00 WIB, dilanjutkan 09.00-11.00, dan 13.00-15.00 WIB. Dengan dilakukan pembagian sesi itu supaya peserta dapat terakomodir dan nyaman saat try out dilakukan. Adapun dalam setiap sesinya teriri dari 34-37 peserta.

“Ini sebagai pendekatan dan kerja sama dengan SD di tiga kecamatan yang kita ajak, sehingga siswa dapat mengenal sekolah kami dan mau mendaftar saat PPDB 2024 besok,” tambahnya.

Sementara itu, kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Minggir Widayatun mengatakan, kegiatan itu adalah salah satu cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kemampuan siswa. Dengan dilakukan penjemputan itu, menurutnya siswa akan lebih nyaman dan senang sebelum menghadapi try out yang diberikan.

Baca juga:  Bupati Sleman Sudah Kantongi Nama Sekda Baru

“Kegiatan try out itu dilakukan dengan menggunakan komputer, sehingga siswa lebih familier karena sebelumnya menggunakan kertas. Adapun dalam kegiatan itu terdapat empat mata pelajaran (Mapel) yang kita ujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA,” pungkasnya. (riz/abd)