Ini Lho! Rujak Petis Khas Kragan Rembang yang Cocok Dinikmati di Tepi Pantai

BIKIN KENYANG: Rujak petis, salah satu hidangan khas di Kragan, Rembang. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

DI tepi Jalan Pantura, Desa Balongmulyo, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, terdapat warung berjejeran yang menjual rujak buah khas Rembang. Makanan tersebut lokasinya ada di sekitar wisata Pantai Balongan, serta banyak diminati wisatawan.

Salah satu pedagang rujak, Anis mengatakan, buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 dan tak pernah sepi pembeli. Meskipun, di depan warungnya langsung berhadapan dengan pantura.

Selamat Idulfitri 2024

“Rujak yang paling terkenal di sini karena bumbu petisnya. Saya memproduksi petis sendiri tanpa stok dari orang lain. Pembuatannya dari ikan yang telah direbus dan didiamkan selama beberapa bulan, sehingga menjadi keruh berwarna hitam. Rasanya asin gurih,” jelasnya.

Anis menambahkan, biasanya menu paling diminati adalah rujak petis di campur sedikit gula jawa, dengan demikian menurutnya petis ikannya berasa. Sedangkan, ditambah menikmati suasana pantai yang terasa adem, setiap akhir pekan dipastikan ramai pengunjung.

RUJAK: Tampak pengunjung tengah membawa rujak petis yang siap disantap, di sekitar wisata Pantai Balongan, Rembang, beberapa waktu lalu. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

“Ada menu lain rujak disini yang tersedia, seperti rujak petis, rujak manis, rujak kacang, pentol petis, seblak, batagor dan aneka gorengan. Makanan ini menjadi nikmat karena didampingi dengan kelapa muda dan pemandangan pantai yang identik,” ucapnya.