Pati  

Pemkab Pati Siapkan Ribuan Paket Sembako di Pasar Murah, Ini Harganya

ANTRE: Pasar murah yang diadakan Disdagperin Pati di Alun-alun Kembangjoyo, beberapa waktu lalu. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati berencana mengadakan pasar murah. Rencana tersebut untuk menindaklanjuti kenaikan harga sembako yang naik selama bulan terakhir ini.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Pati, Hadi Santoso mengatakan, pasar akan digelar dalam waktu dekat ini. Meskipun belum disebutkan waktu pastinya.

Selamat Idulfitri 2024

“Pasar murah rencana kami gelar jelang Ramadan atau saat masuk Ramadan. Tetapi saat ini tempatnya belum kami pastikan,” kata Hadi, belum lama ini.

Pihaknya bakal menyediakan sekitar 4.500 paket sembako. Setiap paket terdiri dari beras seberat 2,5 kilogram, gula 2 kilogram dan satu liter minyak goreng.

Baca juga:  Harga Janur Tembus Rp 60 Ribu per Ikat

“Masing-masing paket akan mendapat subsidi dari pemerintah hampir 50 persen. Paket sembako yang awalnya seharga Rp 100 ribu akan dijual Rp 57.000 ke masyarakat,” jelasnya.

Sementara pembagian paket sembako akan sistem menggunakan kupon. Kupon tersebut akan dibagikan kepada masyarakat mulai dari Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga warga kekurangan.

“Harapan kami upaya pembagian sembako ini dapat membuat harga bahan pokok kembali stabil. Sehingga dapat menekan angka inflasi di Pati,” pungkasnya. (lut/fat)