Batang  

Warga Batang Serbu 400 Paket Sembako Murah, Langsung Ludes

BERIKAN: Pj. Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat memberikan paket sembako kepada salah satu warga, Kamis (29/2/24). (HUMAS/JOGLO JATENG)

BATANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang bekerja sama dengan Bulog menyiapkan 400 paket sembako Gerakan Pangan Murah, di Halaman Gedung Korpri Batang, Kamis (29/2/24). Paket sembako itu berisikan beras lima kilogram, gula satu kilogram dan minyak goreng satu liter yang dijual Rp 85 ribu per paket.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyampaikan, gelaran tersebut langsung ludes diserbu warga, pasalnya sejumlah harga kebutuhan pokok terus melonjak. Sekaligus, ini wujud upaya pemerintah membantu meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Selamat Idulfitri 2024

“Harganya dipastikan lebih murah dibandingkan di pasar, seperti beras, telur hingga sayuran. Untuk beras yang disiapkan kali ini ada sebanyak dua ton,” ujarnya.

Baca juga:  Pengelolaan Baru, BTP Batang Tawarkan Fasilitas Mumpuni

Sedangkan, dalam waktu dekat, kegiatan serupa juga akan kembali digelar, berupa Operasi Pasar Murah. Dengan tujuan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga lebih murah.

Adapun kebutuhan tersebut, seluruhnya disediakan oleh Bulog dan pihak terkait lainnya. Namun, Bulog juga rutin menyuplai beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ke pasar-pasar tradisional, dua kali dalam sepekan.

“Beras SPHP disuplai ke Pasar Batang, Bandar dan Limpung sebesar 10-15 ton. Termasuk ke pasar-pasar kecil lainnya,” jelasnya.

Pihaknya memastikan, inflasi di Batang masih termasuk aman. Lantaran di pekan keempat Februari, berdasarkan Indeks Perkembangan Harga (IPH) berada di angka 0,763 persen atau setara peringkat ke-24 terendah di Jateng.

Baca juga:  Perbaikan Jalur Pantura Batang Capai 80 Persen

Sementara itu, salah satu warga Dracik, Jaswati mengaku, sudah mengatre sejak pukul 08.00 untuk membeli paket sembako dengan harga yang lebih terjangkau. “Dapatnya minyak, gula sama beras harganya Rp 85 ribu. Dibandingkan dengan harga di pasar lebih mahal, yaitu beras Rp 16 ribu, minyak Rp 16.500 dan gula Rp 16 ribu per kilogramnya,” paparnya.(hms/sam)