Kudus  

KPP Pratama Kudus Blusukan ke Desa-desa, Layani Wajib Pajak Langsung di Tempat

LAYANAN: Pegawai KPP Pratama Kudus melakukan pelayanan pajak ke masyarakat, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus melakukan blusukan ke sebelas tempat untuk menggelar program Mobile Tax Unit (MTU). Hal itu dilakukan demi meningkatkan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) untuk wajib pajak.

Kepala KPP Pratama Kudus, Muhammad Andi Setijo Nugroho menyampaikan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya telah menerjunkan beberapa tim yang sudah terbagi di berbagai desa. Dalam satu tempat, sebanyak enam orang diterjunkan untuk melayani masyarakat.

Selamat Idulfitri 2024

“Seumpama kemarin digelar di Desa Getas Pejaten dan Desa Pladen. Nah, kira-kira satu tempat itu harus ada 6 orang. Artinya dia harus melayani SPT Tahunan, pembuatan e-billing, atau edukasi pemadanan NIK menjadi NPWP,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  Nama Kapolda Jateng Mencuat di Bursa Cagub Jateng

Nantinya, kata dia, akan terbagi menjadi dua meja. Tiga orang melakukan pendataan administrasi di depan laptop dan tiga orang lagi memberikan edukasi atau penjelasan ke masyarakat bagi yang awam terkait pajak. Kegiatan tersebut berlangsung hingga awal bulan Maret 2024.

“Jadi kegiatan ini sudah berlangsung dari 20 Februari hingga 7 Maret 2024 yang digelar di Balai Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan,” terangnya.

Untuk pelaksanaannya di Kantor Kecamatan Dawe pada 5 Maret dan 6 Maret 2024. Lalu, Kantor Kecamatan Gebog 6 Maret dan 7 Maret 2024. Ada juga, Balai Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan pada 7 Maret 2024. Sementara Februari lalu sudah dilaksanakan di Balai Desa Pladen, Kecamatan Jekulo.

Baca juga:  Serunya Syawalan Lomba Mancing Bareng Ratusan Warga Hongosoco

“Kalau jadwal kemarin itu, 20 Februari-21 Februari 2024 di Balai Desa Pladen, Kecamatan Jekulo. 21 Februari 2024 di Balai Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati. Lanjut, 22 Februari 2024 di Balai Desa Jepang Pakis, Kecamatan Jati,” tukasnya.

Kemudian, untuk 26 Februari-27 Februari 2024 di Kantor Kecamatan Bae. 27 Februari dan 5 Maret 2024 pelaksanaannya di Kantor Kecamatan Kaliwungu. Lalu, Kantor Kecamatan Mejobo pada 28 Februari dan 29 Februari 2024. Sedangkan, 28 Februari 2024 di Balai Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan.

Menurutnya, program MTU tersebut juga sebagai bentuk bentuk sosialisasi pelaporan perpajakan secara online. Diharapkan kedepannya masyarakat dapat secara mandiri melaporkan kegiatan perpajakannya.

Baca juga:  Wujud Peduli, Prodi PGSD UMK Bagikan Baksos

“Masyarakat kedepannya harus bisa mandiri untuk mengurus kegiatan perpajakannya. Mereka juga diminta untuk melaporkan SPT Tahunan dan mulai memadankan NIK-NPWP nya,” pungkasnya. (adm/fat)