Pemkab Pemalang Alokasikan Rp 5 Miliar Bangun TPA Baru, Ini Lokasinya

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat
Bupati Pemalang, Mansur Hidayat. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dalam upaya mempercepat penanganan pengolahan sampah di TPA Pesalakan, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang menganggarkan Rp 5 miliar untuk bangun TPA atau TPST baru di Desa Purana Kecamatan Bantarbolang. Dalam pelaksanaannya, akan menekan penyebutan proyek agar bisa rampung pada Juni mendatang.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, setelah adanya kebakaran dan banyaknya timbunan sampah di TPA Pesalakan yang telah overload, setahun belakangan ini pihaknya telah merencanakan pembangunan TPA/TPST baru. Dengan lokasi di Desa Purana, Kecamatan Bantarbolang.

Selamat Idulfitri 2024

“Kita sudah buat konsep, karena setahun belakangan masyarakat terutama di TPA Pesalakan sudah banyak mengeluhkan kondisinya. Jadi sepakat membuat TPA baru di Purana. Tapi kita desain bukan hanya tempat penumpukan sampah saja, tetapi bisa diolah dan mempunyai nilai guna, sehingga menjadi sumber PAD Pemalang nantinya,” tuturnya.

Baca juga:  Dorong Peningkatan UMKM, Kemenag Pemalang Targetkan 3.000 Sertifikasi Halal

Adapun seluruh proses izin pembangunan telah dikantongi, dari perizinan lingkungan, masyarakat, desa dan pengolahannya. Di mana nantinya pabrik pengolahan sampah itu bisa menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitar. Sehingga bisa bermanfaat bagi warga, bukan hanya dibuang.

Lebih lanjut, pihaknya juga berencana membangun fasilitas TPST di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Pemalang. Tujuannya agar sampah yang dibuang ke TPA nanti bisa berkurang jauh, lantaran telah diolah terlebih dahulu di masing-masing kecamatan.

“Program ini bisa terwujud bukan hanya dari Pemkab saja, tetapi seluruh pihak terutama masyarakat. Jadi ayo mulai sekarang pilah pilih sampah sebelum buang, agar mengurangi penumpukannya di TPA tanpa diolah terlebih dahulu,” terangnya.(fan/sam)