Kudus  

Pengunjung Makam Sunan Kudus Meningkat Signifikan

RELIGI: Nampak peziarah sedang mengabadikan momen di depan Masjid Menara Kudus, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Makam Sunan Kudus ramai didatangi para peziarah menjelang Ramadan. Tercatat setidaknya ada 4.000an orang berziarah di makam salah satu Wali Songo penyebar agama Islam di Jawa ini. Pendatang tersebut meningkat cukup signifikan dibanding hari biasanya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kemarin, tampak peziarah memadati sekitar kompleks makam, menara, dan masjid Sunan Kudus. Peziarah silih berganti memasuki area makam Sunan Kudus atau dikenal dengan Jafar Shodiq.

Selamat Idulfitri 2024

Staf Humas Yayan Menara Kudus, Denny Nur Hakim mengungkapkan, peningkatan dari peziarah cukup signifikan. Dia memperkirakan jika hari biasa itu mungkin berkisar 2.500-3000 orang. Sementara menjelang Ramdhan, peningkatan cukup signifikan. Kenaikannya cukup drastis. Bisa mencapai 4.000-5.000 orang perhari.

Baca juga:  Isi Ramadan dengan Karya

“Peningkatan ini memang biasa terjadi dari tahun ke tahun. Sebelum menyambut Ramadan, peziarah enggan meninggalkan makam Sunan Kudus untuk mendapatkan keberkahan,” ujarnya.

Denny memperkirakan peziarah akan terus berdatangan hingga momen bulan suci Ramadan. Puncaknya diperkirakan pada sepekan sebelum Ramadan. Seperti biasa, ada yang rombongan bis, rombongan travel, mobil atau mandiri.

“Sesuai regulasinya, kami tetap menjalankan semua yang sudah ditetapkan oleh pengurus. Yakni tetap menguri-nhuru budaya. Dan jejak perjuangan sunan Kudus. Kami tidak mencari budaya yang baru, tetapi menggali budaya yang pernah ada. Contohnya seperti tabuh bedug dandangan, buka luwur dan dakwah yang diajarkan sunan Kudus,” terangnya. (cr3/fat)