Polres Bantul Bagikan Helm Anak, Kampanyekan Keselamatan Berkendara

PEDULI: Polwan Polres Bantul memberikan helm kepada anak-anak yang tidak memakai helm saat berkendara, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Jajaran Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resor (Polres) Bantul mendemonstrasikan keselamatan berkendara dengan cara membagikan helm pada anak-anak yang tidak mengenakan helm saat berkendara. Adapun kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Keselamatan Progo 2024.

Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, aksi yang dilakukan Polwan Polres Bantul ini dilatarbelakangi masih rendahnya kesadaran para orang tua untuk memakaikan helm pada anaknya saat berkendara. Hal ini sangat berbahaya dalam segi keselamatan.

Selamat Idulfitri 2024

“Mereka mengira, anak-anak tidak perlu mengenakan helm karena masih kecil. Padahal, helm menjadi syarat utama saat berkendara untuk melindungi kepala bila terjadi kecelakaan,” kata Jeffry, Senin (4/3/24).

Baca juga:  Gelar Workshop Teknik Audio, Hadirkan Praktisi Internasional

Jeffry berharap agar para orang tua lebih peduli akan keselamatan anaknya. “Semua harus pakai helm, tidak terkecuali anak-anak,” ujarnya.

Selain membagikan helm, dalam operasi itu, polwan juga memberikan snack kepada anak-anak yang sudah mengenakan helm. Menurutnya, pemberian snack ini sebagai reward kepada anak-anak yang sudah tertib mengenakan helm.

Dikatakan bahwa ada hal unik lain yang dilakukan para polwan untuk mengingatkan para pengendara. Yakni mendemonstrasikan keselamatan melalui alat berupa spanduk imbauan yang berisi kalimat jenaka, tetapi penuh makna.

“Beberapa spanduk tersebut bertuliskan di antaranya ‘Ingat Keselamatan, Lupakan Mantan’, dan ‘Gak Usah Bilang Sayang Kalo Masih Abaikan Keselamatan’. Lalu ada pula yang bertuliskan ‘Jangan Cepat-cepat Mas, Nanti Adik Tegang,’ serta ‘Jaga Diri! Ingat Anak & Istri Menanti’,” terangnya.

Baca juga:  SD Muhammadiyah Kalangan Gelar Tasmi' untuk Tingkatkan Literasi Baca Alquran Siswa

Dengan cara tersebut, diharapkan masyarakat dapat tergugah untuk mementingkan keselamatan berlalu lintas. “Kami harap hal ini dapat menggugah pentingnya keselamatan berlalu lintas dengan mengutamakan keselamatan dan ketertiban. Kami meyakini hal ini dapat mengurangi pelanggaran dan kecelakaan di wilayah Bantul,” tandasnya. (nik/abd)