Kudus  

Desa Blimbing Kidul Lantik Dua Perades

LANTIK: Kepala Desa Blimbing Kidul, Purnomo sedang melakukan sumpah janji kepada calon perades dan beberapa saksi di aula balai desa, Rabu (6/3/2024). (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sebanyak enam desa di Kecamatan Kaliwungu, Kudus melaksanakan pelantikan perangkat desa (perades) usai pengumuman kelulusan. Sehingga membuat peserta merasa lega karena tertunda beberapa bulan yang lalu.

Desa Blimbing Kidul, Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus menggelar pelantikan dan penetapan perangkat desa di wilayahnya. Ada dua perangkat desa baru yang dilantik siang itu oleh kepala desa Blimbing Kidul Purnomo di aula Balai Desa yang juga dihadiri oleh Camat Kaliwungu, BPD serta ketua RT, RW dan tokoh masyarakat lainnya, Rabu (6/3/2024).

Selamat Idulfitri 2024

Kepala Desa Blimbing Kidul Purnomo menjelaskan, dua perangkat desa yang telah dilantik menempati posisi sebagai kepala urusan tata usaha dan umum. Kemudian, sebagai staf sesi kesejahteraan masyarakat. Dia melantik dua perangkat Desa lolos dan menempati peringkat pertama pada saat dilakukan penyaringan pekan lalu.

Baca juga:  Ojek Colo Hingga Bus Dihentikan Selama Festival Sewu Kupat

“Bersyukur perangkat yang lolos kebetulan adalah warganya sendiri, meski juga dibuka peluang bagi warga dari wilayah lainnya, sehingga saya meyakini akan mudah melakukan adaptasi dengan pekerjaan barunya sebagai pembantu dirinya,” tuturnya.

Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan memberi apresiasi kepada peserta yang dilantik. Dia berharap Perangkat Desa Terpilih bisa bekerja dengan maksimal dan  segera beradaptasi dengan pekerjaan barunya serta kolega perangkat desa yang lain.

“Segera berbaur dengan perangkat desa yang lain. Seperti lembaga desa, tokoh masyarakat dan tentunya tetap melayani masyarakat sebagai abdi negara. Harapannya bisa bekerja dengan sebaik-baiknya. Setelah ini bisa langsung bekerja sebagai aparatur pemerintah desa,” ucapnya.

Baca juga:  Nikmati Live Musik Sembari Ngabuburit

Salah satu peserta pelantikan, Popy Wijayanti merasa tidak bisa menyangka bisa lulus seleksi. Padahal usahanya juga tidak begitu maksimal. Dia hanya modal nekat saja karena mendapatkan informasi ini dari keluarga.

“Saya mencoba mengikuti, belajar mandiri dari youtube, dan melaksanakan tes dengan lancar. Sebenarnya tesnya Desember, tetapi ada kemunduran di Februari. Dikarenakan penyelenggara tes persiapannya belum matang,” ujarnya.

Dia berkomitmen, setelah dilantik akan menjadi perangkat desa yang jujur, dan siap melakukan pelayanan masyarakat dengan baik. Dia juga berharap bisa menjaga amanah dari pimpinan.

Baca juga:  Pelaku Pengeroyokan di Malam Takbiran Berhasil Ditangkap

“Dirasa diusia yang masih muda ini, saya tentu masih banyak belajar, seiring berjalannya waktu nanti, saya bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya,” imbuhnya. (cr3/fat)