Mahasiswa dari Berbagai Negara Siap Adu Pidato di USM

SIAP: Sebanyak delapan negara bakal meramaikan kompetisi pidato antarmahasiswa bertaraf internasional tentang SDGs yang digelar Universitas Semarang bertajuk USM International SDGs Student Competition 2024. (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Sejumlah mahasiswa dari berbagai negara bakal meramaikan kompetisi pidato antarmahasiswa bertaraf internasional tentang SDGs yang digelar Universitas Semarang bertajuk USM International SDGs Student Competition 2024. Babak seleksi 10 besar akan dimulai 17-20 Maret, dan babak final dengan mengambil lima peserta akan berlangsung 22 Maret 2024.

Acara pembukaan untuk USM ISSCO 2024 sendiri sudah berlangsung pada 28 Februari 2024 lalu. Pendaftaran masih dibuka hingga 16 Maret di link: bit.ly/USM-ISSCO-2024.

Selamat Idulfitri 2024

Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengungkapkan, peserta dari sejumlah negara siap mengirimkan peserta untuk kompetisi ini. Di antaranya Filipina, China, Malaysia, Kanada, Ghana, dan Indonesia.

Baca juga:  Pemkot Semarang Fasilitasi Tim Mahesa Jenar Kembali Latihan di Stadion Citarum

“Ini adalah kesempatan emas bagi mahasiswa dari berbagai negara untuk mengasah kemampuan berbicara di depan publik. Dan menyumbangkan ide mereka untuk pembangunan berkelanjutan,” jelasnya, Selasa (5/3/24).

Kompetisi ini merupakan speech competition, yang menitikberatkan pada kemampuan peserta untuk berbicara dengan efektif. Kemudian memberikan pandangan terhadap isu-isu sustainable development goals (SDGs), khususnya goal ke-4. Yaitu menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua.

Para peserta dan pemenang akan diberikan berbagai penghargaan. Di mana semua peserta akan menerima sertifikat dan 20 besar akan mendapatkan tambahan merchandise.

Selain itu, beberapa juara uang diperebutkan adalah Champion, 1st Runner Up, 2nd Runner Up, 3rd Runner Up, Quarter Finalist, The Best Topic 1, The Best Topic 2, The Best Issue 1. Lalu The Best Issue 2, The Best Visual 1, The Best Visual 2, The Best Speech Technique 1.

Baca juga:  4 Tempat Hiburan di Semarang Disegel Satpol PP

Selanjutnya The Best Speech Technique 2, Judges Choice, Committee Choice 1, Committee Choice 2. Selain itu Asia Favorite, US Favorite, Africa Favorite, Europe Favorite, The best Dresscode, dan The Best Performance.

”Kami berharap, kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses dan mendorong USM menjadi lebih unggul di kancah internasional,” kata Junaidi.

Ia menjelaskan, ISSCO merupakan salah satu dari serangkaian lomba internasional yang diselenggarakan USM, yang juga mencakup kompetisi fotografi, debat, dan desain prototipe. Pendaftaran untuk ISSCO terbuka secara gratis, dan untuk informasi lebih lanjut calon peserta dapat menghubungi Laurene Istiyawari di nomor 081918777156. (ara/adf)