Demak  

Polres Demak Gelar Inspeksi Keselamatan Kendaraan Umum

PEMERIKSAAN: Inspeksi keselamatan kendaraan umum dan klinik kesehatan di Terminal Demak, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Sebagai upaya memperkuat keselamatan penumpang dan kondisi kendaraan angkutan umum, khususnya bus yang melintas di wilayah Demak, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Demak melaksanakan inspeksi keselamatan kendaraan umum dan klinik kesehatan di Terminal Demak, belum lama ini. Dalam agenda ini, Polres Demak bekerja sama dengan Seksi Kedokteran Kepolisian dan Kesehatan Kepolisian (Dokkes) Polres Demak dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Demak,

“Kami bertekad untuk memastikan bahwa setiap angkutan umum, terutama bus, yang beroperasi di wilayah kami berada dalam kondisi aman dan layak guna,” kata Kasat Lantas Polres Demak, AKP Lingga Ramadhani, STK, SIK, CPHR.

Selamat Idulfitri 2024

Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari langkah-langkah kesiapan menjelang Operasi Keselamatan Candi 2024. Pemeriksaan kendaraan mencakup berbagai aspek penting seperti fungsi wiper, kondisi ban, sistem penerangan, serta kelengkapan surat-surat kendaraan. Termasuk SIM, STNK, dan KIR.

Baca juga:  Masjid Agung Demak Diserbu Pengunjung

“Dari pemeriksaan yang kami lakukan, kami tidak menemukan kendala berarti. Semua kendaraan yang diperiksa dinyatakan memenuhi standar keselamatan,” tambahnya.

Selain ramp check, inisiatif ini juga meliputi penyelenggaraan klinik kesehatan yang diselenggarakan oleh Dokkes Polres Demak. Klinik kesehatan ini tidak hanya menyediakan pemeriksaan tensi bagi pengemudi dan penumpang. Tapi juga memberikan suplemen vitamin untuk mendukung kondisi fisik mereka agar tetap prima selama perjalanan.

Kegiatan Ramp Check dan Klinik Kesehatan ini merupakan bukti komitmen Polres Demak bersama Dishub dan Dokkes dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan di jalan raya. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, angka kecelakaan lalu lintas, terutama yang melibatkan angkutan umum, dapat diminimalisir di Kabupaten Demak. (hms/adf)