Tahrib Ramadan, Siswa SDIT Umar Bin Khattab Keliling Kampung

SUMRINGAH: Siswa-siswi SDIT Umar Bin Khattab gembira sambut Ramadan dengan keliling kampung dan membagikan flayer jadwal imsak, Jumat (8/3/2024). (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sebanyak 501 siswa-siswi SDIT Umar Bin Khattab mensyiarkan kegembiraan menyambut bulan Ramadan 1445 H. Mereka berkeliling sambil membagikan flayer jadwal imsak kepada masyarakat sekitar pada Jumat, (8/3/2024).

Kepala SDIT Umar Bin Khattab, Agustina Lilik R, menjelaskan, agenda bertajuk Tarhib ini diikuti siswa-siswi, guru, pegawai SDIT Umar bin Khattab. Tarhib merupakan ungkapan selamat datang atas kedatangan seseorang atau kehadiran sesuatu yang indah. Maka dari itu, tarhib Ramadhan artinya menyambut bulan Ramadan.

Selamat Idulfitri 2024

“Ini yang dilakukan siswa-siswi untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita dan persiapan. Kita bersama-sama mencoba mengingatkan di lingkungan sekolah dan masyarakat akan datangnya bulan Ramadhan yang ditunggu tunggu,” jelasnya kepada Joglo Jateng.

Siswa-siswi juga diajak untuk mempersiapkan bulan Ramadan agar lebih maksimal dalam beribadah. Misalnya dengan puasa, sholat tarawih, sedekah dan lain-lain.

Baca juga:  BRI Kudus Serahkan Satu Ambulan ke Polres

“Semangat ibadah ramadan dipacu melalui kata-kata motivasi yang dituliskan dalam spanduk. Dan spanduk ini di bawa siswa-siswi untuk diarak keliling,” imbuh Lilik.

Tak hanya peserta didik, orang tua wali juga ikut rangkaian Tarhib Ramadan. Dengan mengikuti kajian bersama narasumber bertema   Jadikan Ramadan Lebih Bermakna dengan Bekal Fiqih Puasa.

“Semuanya kami libatkan. Baik warga sekolah maupun orang tua. Ini agar terjalin sinergitas yang kuat,” ujarnya. (cr1/fat)