Hadiri Puncak Dugderan, Sekda Jateng Imbau Warga Tidak Berkonsumsi Berlebihan Saat Ramadan

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno turut berpartisipasi memeriahkan puncak acara Dugderan untuk menyambut Ramadan 1445 Hijriah di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Sabtu (9/3/24). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno turut berpartisipasi memeriahkan puncak acara Dugderan untuk menyambut Ramadan 1445 Hijriah di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Sabtu (9/3/24).

Mengenakan busana adat bangsawan Jawa, Sumarno memerankan tokoh Kanjeng Mas Tumenggung Prawiro Projo menerima Suhuf Halaqah atau surat keputusan bulan Ramadan dari Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu yang berperan sebagai Kanjeng Mas Ayu Purbo Diningrum

Sumarno mengatakan, meskipun masyarakat Kota Semarang telah melaksanakan dugderan yang menandai datangnya Ramadan, namun pelaksanaan awal puasa tetap menunggu pengumuman dari pemerintah.

Baca juga:  Kuatkan Basis Kultural, Rombongan UIN Walisongo Ziarah ke Makam Wali

Ia mengimbau, masyarakat untuk tidak berlebihan dalam belanja saat Ramadan, supaya inflasinya tidak tinggi. Sebab, tingginya konsumsi warga acapkali memicu inflasi.

“Kita seringkali belanja berlebihan di bulan Ramadan. Maka kami berharap masyarakat berbelanja sesuai kebutuhan,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Sumarno juga berharap tradisi dugderan terus dilanggengkan, karena banyak nilai-nilai yang bisa dipetik oleh masyarakat. (hms/rds)