Pati  

Kirim Belasan Atlet, NPCI Pati Yakin Raih Tiket Peparnas

PELEPASAN: Belasan atlet NPCI di lepas dari Pendopo Kabupaten untuk bertanding ke Solo, Kamis (7/3/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – 13 atlet dari National Paralympic Committe of Indonesia (NPCI) Kabupaten Pati dikirim ke Solo. Mereka akan bertanding untuk merebut tiket Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) mulai Kamis (7/3/2024).

Belasan atlet ini terdiri dari enam cabang olahraga (Cabor) paralimpik. Meliputi cabor angkat berat, tenis meja, catur, bocia, judo dan atletik.

Selamat Idulfitri 2024

“Kami hanya mengirimkan 13 atlet untuk berjuang di enam cabor. Tapi sebenarnya ada 13 cabor yang dipertandingkan,” kata Ketua NPCI Pati, Suratno.

Selain mengirim atlet, NPCI juga mengirimkan 12 orang lainnya yang terdiri dari official maupun pelatih. Dengan komposisi ini, Suratno yakin sejumlah atletnya bisa lolos ke kancah olahraga disabilitas nasional.

Baca juga:  Ali Geram Ada Mitos Pejabat Pusat Takut ke Pati

“Target dari enam cabor. Kita berharap sebanyak-banyaknya bisa lolos Peparnas,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dua atletnya sebenarnya sudah dipastikan lolos Peparnas yang digelar di Sumatera pada beberapa bulan mendatang. Keduanya yakni atlet judo tunanetra atas nama Bayu Istikoroh (20) dan Vansa (21).

“Mereka dipastikan lolos karena mempunyai sejumlah prestasi di cabor judo tunanetra. Keduanya juga sudah masuk Pelatnas cabor judo tunanetra, sekaligus mengikuti selekda pada kali ini. Namun hanya sebagai ajang pemanasan,” jelasnya.

Atlet lainnya juga diharapkan bisa lolos. Apalagi, lanjut Suratno, mereka sudah mencicipi kompetisi Peparprov Jateng di Pati pada bulan September 2023 lalu. Bahkan atletnya mampu merebut 4 emas, 7 perak dan 7 perunggu.

Baca juga:  Pemkab Pati Laporkan LKPJ 2023

”Selain judo, angkat berat dan atlet berpotensi lolos. Atlet angkat berat itu yakni, Dimas Rifa abdillah abdul aziz (23), Ngateni (35) dan Pramiti Ningsih (40). Mereka sudah berprestasi di Peparprov Jateng,” pungkasnya. (lut/fat)