Bentuk Visi Indonesia Emas 2045, UMY Gelar Kompetisi Robot Rutin

BERSAING: Peserta Robotech #12, yang dihelat di Sportorium UMY pada Sabtu (9/3) mempertandingkan dua kategori lomba, yakni Line Followers dan Sumo. Diikuti sekitar 57 tim peserta dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk tingkat SMP, SMA, dan mahasiswa. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Kompetisi robotik nasional Robotech #12 yang diadakan Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi sorotan dalam upaya mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. Analis Kebijakan Ahli Muda dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul, Anggun Nastiti Pramushinta sebagai perwakilan Bupati Bantul mengungkapkan, kompetisi ini penting untuk memperkuat aplikasi teknologi robotik di Indonesia.

“Dengan fokus pada robot berbasis Internet of Things dan Artificial Intelligence, diharapkan kompetisi ini dapat memberikan ruang bagi para peserta untuk bertukar pengetahuan dan mengembangkan keahlian mereka. Dalam era Society 5.0 yang menandai perkembangan pesat teknologi, informasi, dan digitalisasi, partisipasi generasi muda dalam kompetisi ini dianggap krusial untuk memajukan kemampuan dan kreativitas di bidang robotik,” ungkapnya.

Selamat Idulfitri 2024

Sementara itu, Ketua Program Studi Teknik Elektro UMY Kharisma Trinanda Putra menyoroti pentingnya kompetisi ini, dalam memberikan wawasan luas kepada peserta tentang peluang yang ada dalam dunia teknologi robot. “Studi tentang teknologi dan robotik memiliki dampak global yang signifikan. Kompetisi semacam ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan potensi tersebut kepada masyarakat luas,” paparnya.

Baca juga:  Tahapan Pilkada 2024 Sudah Dimulai

Kompetisi Robotech #12 yang diadakan setiap tahun sebagai bagian dari perayaan Milad Program Studi Teknik Elektro UMY, menandai komitmen universitas dalam mendukung perkembangan teknologi di Indonesia. “Dengan berbagai agenda yang dirancang untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan peserta, Electrical Shockwave bertujuan untuk menjadi ajang bagi mahasiswa dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 melalui kontribusi dalam bidang teknologi,” pungkasnya. (suf/abd)