Sambut Puasa, TNI bersama Masyarakat Bersihkan Makam

RIMBUN: Masyarakat Desa Moga, Kecamatan Moga, bersama Prajurit TNI Koramil 10/Moga Kodim 0711 Pemalang berduyun-duyun membersihkan rumput liar yang menutupi makam setempat, beberapa waktu lalu. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Warga Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang bersama para prajurit TNI dari Koramil 10/Moga Kodim 0711/Pemalang melaksanakan gotong-royong atau kerja bakti bersih-bersih tempat pemakaman umum (TPU) setempat jelang puasa, Sabtu (9/3). Dengan harapan warga bisa lebih khusyuk beribadah, serta tidak lupa mendoakan sanak saudara yang telah meninggal dunia.

Babinsa Koramil 10/Moga Kodim 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma, Serda Mulyo Haryono mengatakan, sedikitnya ada 30 masyarakat setempat yang melakukan kerja bakti pembersihan TPU dalam menyambut puasa, bersama para anggotanya. Di mana warga sering mengunjungi makam sesaat sebelum memasuki Ramadan dan ketika Idul Fitri nanti, sebagai salah satu tradisi mereka.

Selamat Idulfitri 2024

“Semoga amalan niat baik kita memberikan banyak manfaat, khususnya bagi sekitar TPU. Lingkungan yang bersih dan rapi akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung, terutama para santri yang sering mengunjungi kuburan untuk ziarah. Selain itu, kerja bakti ini sebagai upaya menjaga lingkungan sehat dan bersih dari berbagai macam jenis penyakit,” ujarnya.

Baca juga:  Sepekan Jelang Lebaran, Gas Melon Langka

Secara pribadi, lanjutnya, langkah ini sangat penting dilakukan untuk menjadikan lingkungan TPU yang bersih, dengan saling bahu-membahu masyarakat tampak semangat membersihkan sampah. Serta merapikan rumput dan memotong ranting pohon yang mengganggu. Selain mendoakan, kebersihan tempat termasuk dalam kepedulian dan penghormatan kepada almarhum yang telah meninggal.

“Melalui kerja bakti ini, semoga kita bisa belajar saling bekerja sama, mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain, serta menghargai lingkungan sekitar. Dalam menyambut bulan suci Ramadan, mari bersihkan hati dan lingkungan sekitar dalam menjalankan amal kebaikan dan saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa,” tuturnya.(fan/sam)