Jepara  

Pj Bupati Instruksikan Camat hingga Lurah Dukung Gerakan Bulan Sedekah 2024

PEDULI: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menyerahkan bantuan secara simbolis kepada siswa berkebutuhan khusus saat peluncuran Gerakan Bulan Sedekah (GBS) oleh Baznas di Gedung Shima, Jepara, Rabu, (13/03/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sesama melalui Gerakan Bulan Sedekah (GBS). Gerakan ini dilakukan mulai dari 25 Maret hingga 31 Mei 2024.

Untuk mendukung gerakan tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Jepara Edy Supriyanta menginstruksikan kepada seluruh camat Kabupaten Jepara agar menjadi koordinator bagi desa atau kelurahan, dan untuk lurah atau petinggi dapat menginstruksikan kepada ketua RT untuk menghimpun hasil dari GBS ini.

Selamat Idulfitri 2024

“Kepada seluruh camat yang telah hadir. Mari kita bersama-sama mendukung Gerakan Bulan Sedekah. Ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Seperti kemarin terdapat bencana di Demak, Baznas Jepara sigap dalam membantu,” jelas Edy saat membuka GBS di Gedung Shima, Jepara, Rabu, (13/03/24).

Baca juga:  Diskopukmnakertrans Jepara Buka Posko Pengaduan THR

Pihaknya juga berharap, setiap desa atau kelurahan dapat menyalurkan minimal 1.000 kupon kepada masyarakat dengan nilai Rp 10 ribu atau kelipatan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Lebih lanjut, Edy menyampaikan apresiasi kepada pihak Baznas karena telah meluncurkan kembali gerakan bulan sedekah. Jika selama ini zakat melalui Baznas, maka dengan gerakan bulan sedekah ini diharapkan dapat memberi kesempatan bagi masyarakat umum.

“Baznas Jepara ini selalu siap sedia kalau dalam membantu. Saya apresiasi betul terhadap kinerjanya,” tuturnya.

KOMPAK: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta foto bersama dengan para mustahik bantuan Baznas di Gedung Shima, Jepara, Rabu, (13/03/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Jepara Sholih menyampaikan, melalui gerakan tersebut masyarakat dapat saling membantu untuk memberikan sedekah. Terlebih momen ini bertepatan dengan bulan Ramadan.

Baca juga:  Raja Salman Kucurkan Paket Sembako kepada Da’i dan Khatib

Tak hanya itu, kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang tengah dalam kondisi kekurangan. Sehingga, kegiatan ini bersifat sukarela bagi yang mampu dan mau bersedekah.

“Untuk hasil dari Gerakan Bulan Sedekah (GBS) ini seluruhnya akan dibagikan ke Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) desa, yang ditasarufkan (diserahkan) kepada warga yang fakir miskin,” papar Sholih.

Selain peluncuran Gerakan Bulan Sedekah (GBS) 2024. Baznas Kabupaten Jepara juga memberikan bantuan kepada siswa dari keluarga tidak mampu, siswa berkebutuhan khusus, serta penyaluran zakat produktif kepada sejumlah tenaga honorer.

Baca juga:  Rumah BUMN BRI Jepara Adakan Pelatihan Teknik Foto Produk

Mewakili siswa berkebutuhan khusus, Kepala Sekolah SD N 01 Sowan Lor Muhajir mengaku terbantu akan bantuan kursi roda dari pihak Baznas. Bantuan tersebut dapat membantu meringankan siswa ketika bersekolah.

“Dari kami memang sangat berterimakasih kepada Baznas. Karena belum tentu orang tuanya memberikan kursi roda kepada anaknya. Sehingga bantuan ini kami terima dengan baik,” ungkapnya kepada Joglo Jateng. (cr4/gih/adv)