Rancangan Revitalisasi Terminal Giwangan Disiapkan

TINJAU: Menhub Budi (kedua dari kanan) saat mengunjungi Terminal Giwangan untuk memastikan kesuksesan proyek revitalisasi Terminal Tipe A Giwangan, Yogyakarta, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

YOGYAKARTA, Joglo Jogja – Menteri Perhubungan Republik Indonesia menyoroti rencana revitalisasi Terminal Giwangan Yogyakarta, belum lama ini. Kunjungannya ke lokasi pada Senin (11/3) menandai langkah awal dalam memastikan kelancaran proses tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, sebagai terminal terbesar di Yogyakarta, Terminal Giwangan memiliki peran strategis dalam menyediakan layanan transportasi darat bagi masyarakat. “Pemerintah telah berkomitmen untuk memperbarui infrastruktur terminal di seluruh Indonesia, dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan transportasi publik secara merata bagi masyarakat,” ungkapnya.

Selamat Idulfitri 2024

Pihaknya menyebut, selain sebagai tempat naik turun penumpang, fungsi utama Terminal Giwangan diharapkan dapat mengintegrasikan berbagai layanan tambahan. Termasuk perkantoran, hunian, hotel, pusat perbelanjaan, dan pelayanan masyarakat.

Baca juga:  Cegah Korupsi, Pemkab Sleman Lakukan Koordinasi dengan KPK

“Kami hanya menjalankan amanat dari Presiden Jokowi terkait revitalisasi beberapa terminal yang ada di Indonesia. Hal itu sebagai bagian dari upaya pembangunan nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut, rencana revitalisasi Terminal Giwangan akan dilakukan secara bertahap untuk memastikan kelancaran operasional selama proses pembangunan berlangsung. Tahap pertama akan fokus pada persiapan, renovasi bangunan di bagian selatan.

“Kemudian dilanjutkan dengan, peningkatan fasilitas mekanikal dan elektrikal lantai II, serta penataan jalur bus double decker. Sementara tahap kedua akan melibatkan renovasi bagian tengah dan utara terminal, termasuk pemagaran untuk meningkatkan keamanan dan kebersihan lingkungan,” imbuhnya. (suf/abd)