Bupati Pemalang Ajak Masyarakat Perbanyak Ibadah selama Ramadan

MENYAPA: Mansur Hidayat Bupati Pemalang saat menyampaikan sambutan setelah salat tarawih berjamaah di Masjid Agung Nurul Kalam Pemalang, pada malam puasa pertama, beberapa waktu lalu. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

BERSAMA dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemalang, Bupati Pemalang Mansur Hidayat melaksanakan kegiatan sekaligus ibadah sunah salat Tarawih dan Silaturahmi (Tarhim) perdana di Masjid Agung Nurul Kalam Pemalang pada momentum Ramadan 1445 H/2024 M. Dalam kesempatan itu, pihaknya mengajak masyarakat perbanyak ibadah dan beramal selama bulan puasa.

Mansur dalam sambutannya menuturkan, masyarakat harus memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan untuk meraup berkah dan pahala. Sebab di bulan tersebut, menurut para ulama merupakan bulan spesial, karena ibadah umat Islam akan mendapatkan pahala serta keberkahan lebih dari bulan-bulan sebelumnya.

Selamat Idulfitri 2024

Salah satu caranya yaitu dengan melaksanakan ibadah puasa, tadarus (membaca) Al Quran, berbagi dengan sesama seperti zakat, bersedekah dan lainnya. “Ini bulan penuh rahmat dan hidayah, jadi ayo kita perbanyak ibadah siang juga malam harus terus lakukan untuk Ramadan penuh kebaikan,” ucapnya.

Baca juga:  THR ASN Disiapkan, Sedangkan PPPK Belum Dikonfirmasi

Ia menegaskan, kegiatan Tarhim ini akan Mansur lakukan dengan mengunjungi setiap masjid dan musala di setiap kecamatan di Kabupaten Pemalang. Hal tersebut menjadi salah satu agenda rutin Pemkab untuk mempererat kedekatan pemerintah dengan masyarakat dengan cara beribadah bersama.

“Nanti kita akan melaksanakan tarhim di 14 kecamatan di Pemalang. Harapannya kita bisa bersilaturahim dengan warga, baik di wilayah selatan, timur, dan pantura,” sambung Mansur.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Masjid Agung K.H. Ainnurofiq mengucapkan terima kasih karena Masjid Agung menjadi Masjid pertama yang disambangi dalam kegiatan tarhim tersebut. “Terima kasih Pak Bupati, (kami) pengurus Masjid Agung aturkan karena mendapatkan kesempatan pertama dalam kegiatan tarhim yang rencananya akan diselenggarakan di 14 kecamatan,” katanya.

Baca juga:  Dispertan Pemalang Siapkan Ratusan Paket Sembako Pangan Murah

Dalam tarhim perdana itu, Bupati dan jajaran Forkopimda juga secara simbolis menyerahkan bantuan dari Baznas untuk Masjid Agung, Ponpes Salafiyah dan TPQ Nurul Kalam dan bantuan dari Kemenag untuk dua orang marbot masjid. (fan/abd)