Jepara  

Kemenag Jepara Menunggu Koordinasi Jika Nikah Massal Kembali Digelar

Akhsan Muhyidin selaku kepala Kemenag Jepara. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Pada 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggelar nikah massal secara gratis bagi masyarakat Jepara. Mereka dinikahkan secara bersama-sama tanpa dipungut biaya.

Selayaknya menikah pada umumnya, para pengantin mendapatkan fasilitas pernikahan. Seperti mahar Al-Quran, seperangkat alat sholat, riasan, dan baju pengantin. Namun, kegiatan tersebut berlangsung pada 2022 saja.

Selamat Idulfitri 2024

Kepala Kemenag Kabupaten Jepara, Akhsan Muhyiddin mengaku program tersebut sangat membantu bagi masyarakat Jepara. Lantaran antusias nikah massal pada masa itu mencapai 71 calon pengantin.

“Secara tujuan dan manfaat program tersebut baik ya. Karena memang disambut bagus oleh masyarakat. KUA waktu itu harus kerja ekstra dalam menyeleksi data-data calon pendaftar,” paparnya, Rabu (13/3/24).

Baca juga:  Pemkab Jepara Galakkan Gerakan Pangan Murah

Ia menyebut, Kemenag Jepara siap menunggu koordinasi dari Pemkab Jepara jika akan diadakan kembali nikah massal. Pasalnya, kegiatan tersebut membantu bagi warga yang kurang mampu dalam biaya pernikahan. Selain itu, program tersebut juga berupaya meminimalisir dalam menghindari zina.

“Istilahnya memang ditujukan untuk tidak kumpul kebo ya, dengan itu Kemenag masih menunggu aba-aba dari Pemkab Jepara,” jelasnya.

Tanpa menunggu nikah massal oleh Pemkab Jepara, Kemenag Jepara telah memfasilitasi program nikah gratis bagi warga yang menikah di Kantor Urusan Agama (KUA). Persyaratannya, dengan membawa surat rekomendasi dari balai desa, kemudian diserahkan oleh pihak KUA setempat.

Baca juga:  Harlah GPK ke-42, Gus Haiz: Kami Dukung DPP PPP Gugat MK

“Kalaupun memang saat ini tidak ada atau belum ada program nikah massal, Kemenag juga punya program nikah gratis di KUA. Namun, apabila pernikahan dilaksanakan di luar KUA atau di luar jam kerja. Maka, akan dikenakan biaya Rp 600 ribu yang nantinya akan di setor langsung ke bank,” pungkasnya kepada Joglo Jateng. (cr4/fat)