Kursi PDIP di DPRD Jateng tak Lagi 42

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Hariyanto Baharudin
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Hariyanto Baharudin. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Hariyanto Baharudin mengaku bahwa PDI Perjuangan mengalami penurunan kursi di tingkat DPRD Provinsi Jawa Tengah periode 2024-2029. Namun dirinya tak bisa menyebutkan secara pasti berapa kursi yang diperoleh partai banteng tersebut di DPRD Jateng.

“Nanti untuk lebih pastinya setelah penetapan KPU secara resmi, ini menunggu KPU pusat. Pastinya kursi memang menurun,” ujar Bambang melalui sambungan telepon, belum lama ini.

Selamat Idulfitri 2024

Meskipun tak menyebutkan secara keseluruhan, Bambang menuturkan adanya penurunan kursi dari Dapil 11 yang merupakan wilayahnya berebut suara. Adapun Dapil 11 mencakup Banyumas dan Cilacap.

Baca juga:  Pemkot Semarang akan Benahi Crossing Drainase Flyover Madukoro

“Kalau berkurangnya berapa, kita belum bisa mementukan yang seperti itu, saya cuma pegang di Dapil saya. Saya Dapil 11, kalau dari perhitungan sementara ini kita kurang 1 dari kemarin (2019). Menurun dari yang dulu,” jelas Bambang.

Mulanya, kursi untuk PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Jateng sebanyak 42 kursi. Adanya penurunan kursi di beberapa Dapil membuat Bambang yakin pada periode ini PDI Perjuangan tak mendapat kursi sejumlah 42 kembali.

“Kalau lihat itu kayanya tidak (dapat kursi 42 lagi), tapi berapa pastinya itu, setelah penetapan KPU dapat berapa perolehan kursinya,” ungkapnya.

Baca juga:  KONI Kota Semarang Pastikan Pembinaan Atlet akan Maksimal

Kendati demikian, suara PDI Perjuangan untuk laga Pileg DPRD Provinsi Jateng masih menjuarai dibanding partai lainnya. Menanggapi hal ini, lagi-lagi Bambang mengimbau untuk menunggu hasil dari KPU RI, khususnya untuk penentuan kursi.

“Iya (suara tertinggi se-Jateng), tapi kursinya belum bisa dipastikan begitu, soalnya kan nanti penetapan caranya itu saya tidak tau persis , yang jelas kalau final atau fix itu setelah KPU RI, diputuskan tanggal 20 Maret,” akunya.

Sehingga, rapat pleno yang dilakukan oleh KPU Provinsi Jateng beberapa hari lalu hanya untuk penetapan hasil saja menurut Bambang. “Mendapat berapa kursi itu kan setelah tanggal 20, kalau hari ini istilahnya baru penetapan hasil rekapitulasi dari KPU Jateng,” tandas Bambang.

Baca juga:  Pemprov Jateng Gelar GPM untuk Tekan Harga Bapok Jelang Lebaran

Sebagai informasi, PDI Perjuangan memeroleh sebanyak 5.270.261 suara berdasarkan Penetapan Hasil Pemilu Anggota DPRD Provinsi Jateng Tahun 2024 yang diunggah dalam laman resmi KPU Jateng. Adapun jumlah itu merupakan suara tertinggi pertama. Kemudian, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyusul di urutan kedua sebanyak 3.036.464 suara. (luk/gih)