Pati  

Lho..Lho.. Bulog Pati Terima Belasan Ribu Ton Beras Impor, untuk Apa?

Pimpinan Perum Bulog Pati, Hardiansyah. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Perum Bulog Kantor Cabang (Kancab) Pati menerima beras impor sebanyak belasan ribu ton pada tahun ini. Beras impor itu diklaim bakal digunakan sebagai pengaman stok pangan.

Pimpinan Perum Bulog Pati, Hardiansyah mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia telah mengimpor beras pada awal tahun 2024 ini. Beras impor tersebut berasal dari berbagai negara seperti Thailand, Vietnam hingga Myanmar.

Sementara Cabang bulog Pati saat ini sudah menerima beras sebanyak 11.800 ton. Beras itu bakal digunakan untuk pengamanan stok sambil menunggu panen raya tiba.

Baca juga:  Perda Cagar Budaya Bisa Jadi Pijakan Pembangunan Museum

“Ini bertujuan supaya harga beras di pasaran tidak ugal-ugalan. Kita tahu sendiri kemarin tahun 2023, itu ada fenomena El Nino, kemarau panjang. Itu menyebabkan panen raya yang seharusnya di Maret awal atau Februari akhir, itu panennya di Maret Akhir atau April,” kata dia, kemarin.

Oleh sebab itu, lanjut dia, negara harus terpaksa impor beras. Dengan demikian stok beras di dalam negeri bisa aman untuk menambal kebutuhan masyarakat.

“Karena beras digunakan setiap hari. Sedangkan panennya mundur otomatis harus ada yang mengisi. Isinya dari luar negeri,” ucapnya.

Baca juga:  Sudewo Didukung 85 Persen Kades

Dia menambahkan, untuk stok beras di Kantor Cabang Bulog Pati saat ini ada sekitar 13.000 ton. Pihaknya memastikan stok tersebut aman hingga lebaran.

“Nanti itu disiapkan untuk minimal dua bulan ke depan sampai bulan April. Disiapkan untuk bulan puasa hingga Idul Fitri,” tandasnya. (lut/fat)