Pati  

Masjid Djauharotul Imamah Sediakan Hidangan Buka Puasa Gratis Selama Ramadan

MENIKMATI: Momen buka puasa bersama di Masjid Djauharotul Imamah, Kaborongan Pati Lor, Rabu (13/3/24). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

BULAN Ramadan menjadi momen untuk berbagi kepada sesama. Seperti yang dilakukan pengurus Masjid Djauharotul Imamah, Kaborongan, Kelurahan Pati Lor.

Masjid yang berjalak 1 kilometer dari pusat Kota Pati ini menyediakan menu takjil dan hidangan berbuka puasa selama Ramadan 1445 hijriah secara gratis. Buka puasa gratis itu juga sudah terlihat saat hari puasa Rabu (13/3/24).

Selamat Idulfitri 2024

Ada ratusan porsi menu berbuka puasa yang dihidangkan di masjid itu. Menu utamanya yakni berupa asem-asem iga sapi lengkap dengan nasi putih dan kerupuk.

Para jemaah pun mengantre secara tertib usia melaksanakan salat Magrib. Selepas itu, mereka tampak menikmati hidangan menu berbuka puasa yang disajikan.

Baca juga:  Peduli Banjir Pati, TP PKK Kabupaten Pati Salurkan Bantuan di Desa Babalan
SIAP: Ratusan piring yang disedikan pengurus Masjid Djauharotul Imamah, Kaborongan, Kelurahan Pati Lor untuk buka puasa gratis, Rabu (13/3/24). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

Ketua Takmir Masjid Djauharotul Imamah, Ustaz Sigit Sulistiyo mengungkapkan, buka puasa seperti ini sudah digelar secara rutin setiap Ramadan. Cara ini dilakukan untuk meramaikan masjid.

“Karena memang seperti itu yang dicontohkan Rasulullah, para sahabat, dan ulama salaf. Kalau buka puasa suka mengajak orang banyak,” kata dia, Rabu (13/3/24).

Pihaknya menyediakan ratusan porsi menu takjil dan makan besar untuk berbuka. Menu yang disajikan diusahakan yang menggugah selera. Hal ini diterapkan agar para jemaah masjid bisa nyaman saat berbuka puasa.

“Buka puasa di rumah biasanya nyaman, enak dan asyik. Sehingga kami pindah suasana itu ke masjid supaya mereka mau datang ke masjid,” tutur Ustaz Sigit.

Baca juga:  Jampisawan Masuk Nominasi Kalpataru Jateng
TATA: Pengurus Masjid Djauharotul Imamah, Kaborongan, Kelurahan Pati Lor menyiapkan makanan untuk buka puasa gratis, Rabu (13/3/24). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

Untuk mengadakan buka bersama selama bulan Ramadan ini, anggaran yang disediakan pihak masjid pun tidak sedikit. Anggarannya mencapai Rp 180 juta yang bersumber dari donasi jemaah masjid.

“Kegiatan kami ini untuk umum. Siapa saja silakan bergabung. InsyaaAllah kalau kegiatan dan aktivitas Ramadan di masjid, kebersamaan, ukhuwah islamiyah, bisa terjalin dengan baik. Ini bagian dari syiar kami,” ungkapnya.

Salah satu jemaah yang mengikuti buka bersama, Muhammad Nurajay mengaku senang dengan diadakannya buka bersama ini. Menurutnya kegiatan seperti ini bisa mempererat tali silaturahmi.

Baca juga:  Alhamdulillah! Pemkab Pati Dapat Bantuan Rp 250 Juta untuk Penganan Bencana

“Di sini ada rasa guyub. Kebersamaan lebih terasa karena terbuka untuk umum dan bisa mengajak keluarga. Sehingga bisa menyambut Ramadan dengan senang dan bahagia,” ucapnya. (lut/fat)