Pati  

Kapolda Jateng Berikan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir di Pati

PEDULI: Kapolda Jateng saat memberikan bantuan ke warga Desa Doropayung Juwana yang terdampak banjir, Minggu (17/3/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Pangdam IV Diponegoro berkunjung ke Kabupaten Pati, Minggu (17/3/24). Kunjungan tersebut untuk menyambangi korban banjir di wilayah Desa Doropayung, Kecamatan Juwana.

Sebagaimana diketahui, ada sebanyak 438 Rumah dan 1.249 warga terdampak Banjir di Desa Doropayung. Adapun dengan ketinggian air dalam rumah 5 hingga 75 centimeter.

Selamat Idulfitri 2024

Dalam kunjungan itu, Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan bantuan paket sembako untuk korban. Tak hanya itu, ia juga mengecek dapur umum dan layanan kesehatan gratis oleh Sie Dokkes Polresta Pati.

Baca juga:  Antisipasi Kelangkaan, Stok Gas Melon di Pati Bakal Ditambah

“Polda Jateng beserta Kodam IV Diponegoro  melaksanakan cek ricek dan final cek wilayah terdampak banjir, kami laporkan bahwa di wilayah Polda Jateng 42 Kecamatan dengan 222 desa dengan jumlah  pengungsi 4.200 orang yang terdampak banjir,” ujarnya.

SIGAP: Kapolda Jateng didampingi Pj Bupati Pati saat mengunjungi warga Desa Doropayung Juwana yang terdampak banjir, Minggu (17/3/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

Ia menuturkan, Polda Jateng beserta Kodam IV Diponegoro memprioritaskan wilayah yang terdampak banjir dengan membuat beberapa fasilitas fasilitas umum dan pendistribusian bantuan sembako. Termasuk peralatan peralatan bantuan yang lainya seperti perahu.

“Sehingga ini akan mengurangi beban masyarakat yang terdampak, apalagi di Kabupaten Pati. Saya sudah koordinasi dengan Pj Bupati dan Kapolresta, supaya ini tidak terjadi tahunan,” sebut dia.

Baca juga:  Pj Bupati Pati tak Hadir, Rapat Paripurna Bahas Raperda Petani Ditunda

Dia menambahkan, untuk di Kabupaten Pati para stakeholder Kapolresta, Bupati, Dandim 0718 dan BNPB Pati telah berkoordinasi. Yakni memetakan wilayah-wilayah yang sering terdampak banjir musiman. Sehingga banjir dapat tertanggulangi.

Selesai kegiatan kunker Kapolda Jateng beserta rombongan ke Wilayah hukum Polresta Pati dengan menggunakan Helipe dan didampingi Pangdam IV Diponegoro melanjutkan ke Wilayah Kabupaten Kudus dan Demak. (lut/fat)