Bawa Petasan Hampir Seukuran Badan, Dua Remaja Diamankan

TUNJUKKAN: Petugas Polres Bantul saat mengangkat petasan besar yang berhasil diamankan, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Bawa petasan jumbo hampir seukuran badan, dua remaja Bantul diamankan kepolisian. Adapun peristiwa itu terjadi pada hari Minggu (17/3) di Bulak Pendowo pada saat aparat kepolisian berpatroli.

AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyebutkan, mercon itu disita dari dua remaja Dengan inisial IWH (16) yang merupakan pelajaran SMA dan AWN (13) pelajaran SMP. Adapun penyitaan petasan ini dilakukan pada saat petugas Polsek Sewon sedang patroli di Bulak Pendowo, Pendowoharjo, Sewon, Bantul.

Selamat Idulfitri 2024

“Pada saat melakukan patroli subuh, petugas mendapati dua remaja mengendarai sepeda motor Honda Supra warna hitam. Terlihat dua remaja itu sedang membawa benda menyerupai petasan besar,” ungkapnya, Minggu (17/3).

Baca juga:  Semarakkan Bulan Suci, SMPN 5 Banguntapan Gelar Pesantren Kilat

Melihat hal itu, petugas kepolisian dan masyarakat sekitar menghentikan kedua anak tersebut, guna memastikan benda apa yang dibawa kedua remaja itu. “Setelah dihentikan dan dilakukan pengecekan, ternyata benar benda yg di bawa oleh kedua anak tersebut adalah sebuah petasan besar. Dengan ukuran diameter 16 cm dan panjang 64 cm,” terangnya.

Setalah kejadian itu, petasan beserta kedua anak tersebut diamankan di Polsek Sewon. Dengan maksud untuk dilakukan pendataan dan pembinaan agar tidak terjadi kesalahan yang berulang.

“Jadi tindakan yang kami ambil yakni mengamankan petasan dan dua remaja yang membawa petasan tersebut untuk dilakukan pendataan. Setelah itu, kami akan melakukan pemanggilan kepada kedua orang tuanya dan melaksanakan pembinaan kepada dua anak tersebut,” tutupnya.

Baca juga:  Ratusan Pedagang Pasar Terban Pindahkan Barang ke Selter Sementara

Sementara itu, pihaknya mengatakan bahwa petasan tersebut setelah diamankan langsung segera dimusnahkan. Yakni dengan cara direndam dalam bak berisi air. (nik/abd)