Pati  

Jalan Sumbersoko-Tompegunung Longsor

MEMPRIHATIKAN: Kondisi jalan Sumbersoko-Tompegunung Sukolilo yang amblas, Senin (18/3/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Ruas jalan Desa Sumbersoko-Tompegunung, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati mengalami longsor. Kejadian tersebut disinyalir akibat tingginya curah hujan di wilayah tersebut selama beberapa ini.

Jalan yang memiliki luas 4 meter itu amblas dan menyisakan hanya sekitar 80 sentimeter saja. Warga pun kemudian menutup jalan tersebut dari kedua arah.

Selamat Idulfitri 2024

Garis polisi juga tampak dipasang di lokasi untuk memastikan pengendara tidak melalui jalur tersebut. Sebab, sisa ruas yang tersisa tidak bisa dilalui, lantaran rongga bagian dalam telah menghilang. Sehingga ketika ada sedikit beban di sisa jalan beraspal, bisa dipastikan ambrol.

Baca juga:  Kapolda Jateng Berikan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir di Pati

Warga sekitar, Joko Santosa (48) mengungkapkan, amblesnya jalan tersebut terjadi pada Jumat sore (15/3) lalu. Ia menilai hujan yang turun tanpa henti menjadi penyebab musibah ini. Karena disinyalir menyebabkan adanya pergeseran kontur tanah.

“Ini akibat hujan deras tiga hari, siang-malam tidak berhenti. Selain jalan longsor, jembatan juga ambrol. Bahkan ada salah satu rumah warga yang nyaris menjadi korban, longsor mepet fondasi rumah,” ucap dia.

Dia berharap kondisi yang cukup mengkhawatirkan ini menjadi perhatian pemerintah. Terlebih jalan yang amblas merupakan akses satu-satunya yang bisa dilalui kendaraan berat.

Baca juga:  Dewan Janji Awasi Pasokan Gas Melon

“Jangan hanya tambal sulam ketika nanti diperbaiki. Karena bukan kali ini terjadi, sehingga masyarakat berharap diperbaiki secara permanen. Dibuat tiang pancang atau gimana lah biar awet,” tandasnya. (lut/fat)