MTsN 1 Bantul Luncurkan PIJAR untuk Persiapkan Asesmen Siswa

SEMANGAT: Puluhan siswa kelas 9 MTsN 1 Bantul sangat antusias dalam mengikuti PIJAR untuk persiapan AM dan ASPD, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

TIM Sekretariat Pengelolaan Program Studi (TIMSES) MTsN 1 Bantul telah meluncurkan program Pendampingan Belajar (PIJAR), khusus kelas 9 dalam persiapan Asesmen Madrasah (AM) dan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD). Program ini telah dijalankan sejak September 2023 dan mencakup empat mata pelajaran utama, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

Alhamdulillah, respons yang kami dapat dari siswa, orang tua, dan guru sangat luar biasa. Siswa-siswa hadir tepat waktu dalam pelaksanaan PIJAR pada Sabtu (16/3), dimulai dari pukul 07.30 WIB hingga 10.45 WIB,” ujar Kepala MTsN 1 Bantul Sugiyono.

Selamat Idulfitri 2024

Lebih lanjut, pihaknya menyebut, program PIJAR di bulan Ramadan ini dijadwalkan pada Sabtu 16 dan 30 Maret 2024. Dengan adanya bimbingan intensif ini, diharapkan para siswa dapat lebih percaya diri dan siap menghadapi ujian secara optimal.

Baca juga:  Tebar Kebermanfaatan bagi Sesama lewat Bakti Lingkungan

“Siswa menunjukkan semangat luar biasa dalam mengikuti program PIJAR, meskipun dalam bulan puasa dan hari libur. Orang tua juga mendukung dalam persiapan asesmen dengan baik dan meraih nilai maksimal,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Kurikulum, Erna Rahayu menyebut, meskipun berada di bulan Ramadan, pihaknya tetap mengutamakan pelaksanaan program PIJAR. Dirinya menyadari bahwa ada hari efektif pendampingan belajar yang terpotong karena libur awal dan akhir Ramadan serta libur hari raya.

“Maka dari itu, kami berusaha menyiapkan siswa secara optimal untuk menghadapi ASPD yang akan dilaksanakan pada bulan Mei besok,” imbuhnya. (suf/abd)