Tanamkan Nilai Sosial, SMP 1 Gebog Ajak Siswa Bagi-bagi Takjil

AKSI: Siswa-siswi SMP 1 Gebog, Kudus saat membagikan 285 paket takjil kepada masyarakat yang melintas di kawasan sekolah, belum lama ini. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – SMP 1 Gebog, Kudus membagikan 285 paket takjil kepada masyarakat. Khususnya pengendara yang melintas di kawasan Jalan Gebog-Menawan, belum lama ini. Pembagian takjil ini dipimpin langsung Kepala SMP 1 Gebog bersama para guru dan siswa-siswi kelas 7.

Kepala SMP 1 Gebog, Endang Siwi Ekowati menyebutkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di Bulan Suci Ramadan. Sekaligus mengajak siswa-siswi ikut andil bersosial agar mereka memiliki jiwa peduli sejak dini.

Selamat Idulfitri 2024

“Jika mereka ikut turun langsung membagikan takjil kepada masyarakat, maka anak akan terbiasa memberi sumbangsih dan perhatian. Bahkan bersyukur dengan rezeki. Kami juga ingin anak-anak membiasakan tangan di atas daripada tangan di bawah. Sebab takjil yang dibagikan merupakan hasil Sedekah Jumat para siswa dan guru,” katanya.

Baca juga:  BRI Kudus Serahkan Satu Ambulan ke Polres

Endang mengakui, masyarakat menyambut baik aksi kepedulian yang dilakukan oleh sekolah. Menurutnya, takjil yang dibagikan bukan hanya sekadar makanan. Tetapi juga menjadi simbol kebersamaan dan kehangatan di bulan Ramadan.

“Sesuai dengan tagline bergerak, berkarya, dan berprestasi. Maka ini salah satu kegiatan praktik untuk bergerak ke arah kebaikan, berkarya di setiap waktu hingga menghasilkan prestasi yang membanggakan,” bebernya.

Ia kembali menambahkan, aksi bagi-bagi takjil merupakan bagian dari kegiatan Ramadan di SMP 1 Gebog. Dimulai dengan salat duha, khataman Alquran, kajian agama, buka bersama, hingga tarawih.

Baca juga:  @HOM Hotel Kudus Bagikan Seribu Takjil

“Setiap Ramadan kami ada rangkaian semacam Pesantren Ramadan. Dengan dibagi menjadi tiga rombel yaitu kelas 7, kelas 8, dan kelas 9,” imbuhnya.

Sementara itu, siswi kelas 7 H, Zakira Zaidan mengungkapkan rasa senangnya saat berbagi takjil. Ia yang pertama kali ikut aksi tersebut merasakan indahnya berbagi.

“Apalagi melihat orang lain tersenyum bersama kita. Itu rasanya senang sekali. Semoga saja ini menjadi berkah di bulan Ramadan ini,” ungkapnya. (cr1/adf)