Warga Bantul Diminta Waspada Hadapi Cuaca Ekstrem

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengimbau seluruh warga masyarakat agar selalu waspada menghadapi cuaca ekstrem. Hal itu disampaikan mengingat beberapa hari belakangan terjadi intensitas hujan tinggi disertai angin kencang yang cukup ekstrem.

“Saat ini kita sedang memasuki situasi cuaca yang cukup ekstrem. Untuk itu, diperlukan kewaspadaan kita semuanya bahwa beberapa hari ke depan cuaca ekstrem ini dimungkinkan terjadi,” ungkapnya.

Selamat Idulfitri 2024

Menurutnya, kewaspadaan ini menjadi pegangan penting agar masyarakat lebih berhati-hati. Hal itu dikarenakan cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini telah menyebabkan banyaknya pohon-pohon tumbang, dan hal itu sangat berpotensi menyebabkan bencana yang berulang.

Baca juga:  Lima Sekolah di Bantul Miliki Kelas Khusus Olahraga, Ini Daftarnya

“Sehingga, kewaspadaan ini haruslah menjadi satu pegangan kita bahwa cuaca ekstrem ini bisa mengakibatkan berbagai bencana. Misalnya seperti pohon tumbang dan tanah longsor,” imbuhnya.

Halim menambahkan, masyarakat harus lebih jeli dalam memperhatikan hal-hal yang berpotensi membahayakan. Seperti halnya memastikan tidak ada pohon-pohon di sekitar rumah yang berpotensi tumbang diakibatkan hujan dan angin kencang.

“Kami serukan kepada seluruh warga masyarakat Bantul untuk melihat kanan dan kiri rumahnya. Barang kali ada beberapa hal yang perlu disikapi dengan segera,” ujarnya.

Dirinya mengimbau, jika ada pohon yang membahayakan keselamatan, segera melapor ke pihak yang berwajib untuk segera ditangani lebih lanjut. “Jika ada hal semacam itu, sampaikanlah hal itu pada Pak Lurah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sehingga potensi bahaya yang dimungkinkan terjadi itu bisa dihindari,” pungkasnya. (nik/abd)