Bantul Terus Mendorong Inovasi Pelayanan Publik

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melangsungkan Kick Off Bantul Innovation Award 2024, Selasa (19/3). Kegiatan ini merupakan kompetisi inovasi terbaik di tingkat kabupaten dalam menghasilkan karya inovatif yang mampu memecahkan permasalahan pelayanan publik, program pemberdayaan atau sistem lain dalam rangka meningkatkan daya saing Bantul.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan, sistem birokrasi di era digital saat ini harus menjadi lebih implementatif dalam menyelenggarakan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Maka, untuk mendukung pelaksanaan pembangunan yang berkualitas dan implementatif serta menghadirkan layanan publik prima secara optimal diperlukan inovasi.

Selamat Idulfitri 2024

“Indeks inovasi ini akan menjadi penilaian atas inovasi daerah yang akan mendorong persaingan antar pemerintah daerah. Sekaligus dapat pula meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat, sehingga terwujudnya kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Baca juga:  Polisi Larang Warga Terbangkan Balon Udara, Ini Alasannya

Halim menambahkan, Bantul merupakan gudangnya orang-orang kreatif dan inovatif. Bahkan Bantul dinilai sebagai kabupaten paling kreatif pada sub sektor kriya sebagai kabupaten ekonomi kreatif sub sektor kriya. “Penghargaan yang diberikan Badan Ekonomi Kreatif Nasional pada tahun 2017 lalu dan pada tahun 2023 ini dikukuhkan oleh Kementerian Pariwisata,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Bantul Ari Budi Nugroho menambahkan, berdasarkan Peraturan Bupati Bantul Nomor 121 Tahun 2022 tentang Inovasi Daerah, Kabupaten Bantul terus berupaya membangun ekosistem inovasi sebagai pembiasaan baru di dalam pembangunan daerah. Dengan menggeliatnya iklim inovasi, diharapkan dapat mendukung proses reformasi birokrasi, serta meningkatkan pelayanan publik maupun percepatan perwujudan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga:  DKUKMPP Beri Respons soal Melemahnya Rupiah

“Kegiatan penghargaan ini menitikberatkan penilaian inovasi pada 2022 dan 2023 di Kabupaten Bantul. Mencakup kebaruan, kemanfaatan, tingkat implementasi, dan keberlanjutan, dan dapat direplikasi, berbasis potensi lokal, serta mendukung pencapaian visi dan misi Kabupaten Bantul,” terangnya. (nik/abd)